Bambang Arintoko Berbagi

Hanya Blog UMY situs lain

Pimnas I

Posted by bambangarintoko 0 Comment

PIMNAS XXV DIGELAR DI UMY

Tingkatkan Prestasi

Alhamdulillah, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, kementrian Pendidikan dan kebudayaan mempercayakan UMY untuk menggelar kegiatan Pekan ilmiah Nsioanl (PIMNAS) XXV pada  9 – 14 juli 2012.

 

Selayang Pandang

PIMNAS merupakan kelompok mahasiswa yang mengikuti program kreativitas mahasiswa (PKM). Perguruan tinggi melalui mahasiwa dan dosennya dituntut untuk menghasilkan karya yang sesuai dengan bidang kelimuannya masing-masing. Tujuannya antara lain adalah untuk menjaga keberlanjutannya kehidupan atau paling tidak untuk bertahan hidup suatu bangsa, apalagi negara Indonesia memiliki potensi sumber daya alam (SDA) dan manusia (SDM) yang luar biasa yang harus dimanfaatkan secara optimal. Melalui pimnas, mahasiswa dan dosen dapat beriteraksi sehingga dapat menghasilkan berbagai inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Hal ini seusai dengan tuntutan  tri dharma PT, yakni agar perguruan tinggi senantiasa melakukan , pertama, pendidikan. Kedua, penelitian dan ketiga pengabdian masyarakat.

Peserta

Peserta Pimnas tentunya telah melalui berbagai seleksi yang ketat, antara lain saringan secara teknis dan alamiah. Hal ini akan ditunjukkan dengan jumlah proposal yang masuk dan jumlah perguruan tinggi yang akan mengirimkan proposal ke panitia UMY. Merujuk Poimnas XXIV 2011 lalu , dari perguruan tinggi baik negeri maupun PTS hanya 91 perguruan tinggi yang lolos ke pimnas. Artinya kurang dari 10 persen dari perguruan tinggi yang lolos . Dari jumlah itu  menunjukkan bahwa anak-anak bangsa yang lolos seleksi ini adalah putra-putri terbaik yang luar biasa dan layak mendapatkan rewards. Insya Allah, Pimnas XXV 2012 ini akan dihadiri sekitar 3500 mahasiwa dan dosen yang berasal dari seluruh pelosok negeri ini dengan perincian 2000 mahasiwa dan 500 dosen pendaping beserta pendukungnya sekitar 1000 orang.

UMY pada Pimnas XXV 2012 ini berhasil melampaui terget dari 270 proposal yang dikirimkan untuk 5 program PKM, sebanyak 121 proposal berhasil lolos. 121 proposal ini mendapatkan bantuan dana masing-masing Rp 10 juta dari Dikti. Berbagai prodi yang lolos tersebut : Agroteknologi (9), Agribisnis (1), Teknik Elektro (9), Teknik mesin (1), Teknik Sipil (4), Akuntansi (6), Dakwah (3), Ekonomi islam (3), Ilmu Ek0nomoi (2),  HI (3), Ilmu Hukum (3),Ilmu Komunikasi (2), Ilmu Pemerintahan (1), Manajemen (8), Bahsa Inggris (4), Pendidikan Agama Islam (1), Kedokteran Umum (32), Kedokteran Gigi (9), Keperawatan (9) dan Farmasi (11).

UMY Jajaran PT Kategori I

            UMY telah mencapai angka 44,81% pada rasio penerimaan proposal ini UMY menempatkan diri dalam jajaran perguruan tinggi kategori I. Penilaian ini berarti jumlah proposal yang dimajukan ke Dikti > 100 proposal dan hasil proposal yang didanai > 10% sehingga menempatkan UMY bersanding dengan pTN-PTN besar dengan rasio penerimaaan lebih dari 30% yairtu sekelas dengan ITS (44,54%), ITB (43,13%) dan UGM (35,98%).

Selamat dan sukses kepada mahaiswa dan dosen pembimbing. Pertahankan prestasi dengan prinsip sesuai dengan sabda Nabi Muhammad – Bila hari esok lebih baik dari sekarang berarti kita beruntung – Insya Allah. Amin

Wassalamu’alaikum wr.wb.

 

 

Bambang Arintoko R

Staf Pascasarjana

 

 

 

 

 

Categories: Lomba

PROFIL AKU

bambangarintoko


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Pimnas I

PIMNAS XXV DIGELAR DI UMY Tingkatkan Prestasi Alhamdulillah, Direktorat Penelitian dan Pengabdian ...

Pimnas II

SIDE EFFECT  PIMNAS XXV Jadilah Tuan Rumah yang Baik. Insya Allah ...