Bambang Arintoko Berbagi

Hanya Blog UMY situs lain

Pimnas II

Posted by bambangarintoko 0 Comment

SIDE EFFECT  PIMNAS XXV

Jadilah Tuan Rumah yang Baik.

Insya Allah UMY dipercaya menggelar kegiatan Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) XXV pada  9 – 14 juli 2012. Sudah siapkah kita ?

 

Mukaddimah

Memori kita teringat saat menghelat Muktamar Seabad Muhammadiyah pada tahun 2010 lalu. Puluhan ribu tamu muktamar tumpah ruah di kampus UMY yang bebas asap rokok ini. Rasanya baru kemarin sore pelaksanaan muktamar itu. Banyak kalangan mengapresiasi, sebagai tuan rumah UMY – sukses – menjadi pelayan umat yang baik. Kini, Pemerintah kita melalui Dikti akan menguji nyali kita apakah kalau diberi amanat serupa akan sukses pada Pimnas XXV 2012 yang akan dihadiri sekitar 3500 mahasiwa dan dosen yang berasal dari seluruh pelosok negeri ini dengan perincian : 2000 mahasiwa, 500 dosen pendamping dan tamu pendukung sekitar 1000 orang .  Yang bisa menjawab hanya kita.

 

Pedoman 4 S.

Warga Muhammadiyah hendaknya dibiasakan dalam melayani tamu dengan pedoman 4 S, yakni : senyum – salam –sopan, dan – santun -. Dengan landasan iman yang teguh bahwa keyakinan menjamu tamu adalah suatu kehormatan dari Allah SWT dan akan menjadi investasi amal di akhirat kelak.

Dampak positip

Sebagai dampak positif adanya ribuan tamu dari berbagai pelosok negeri ini maka akan menguntungkan berbagai sektor. Dari sisi, pertama UMY. Dengan pedoman 4 S di atas, minimalnya UMY akan lebih dikenal oleh kaum intelektual di bumi pertiwi ini. Ternyata di kecamatan Kasihan, Bantul ini ada kampus bebas asap rokok yang sivitasnya dalam pelayanan sangat prima. Hal ini akan menjadi media pemasaran yang cukup ampuh. Ingat prinsip marketing bahwa pandangan pertama akan menentukan sekali untuk traksaksi berikutnya. Kita teringat, ternyata sosok Wapres Budiono pada waktu  hadir pertama di UMY ternyata baru tahu kalau di sini ada kampus UMY yang megah nan sejuk.

Kedua, pemda di DIY akan terkena dampak positipnya, khususnya  di sektor pariwisata, transportasi, komunikasi dan kuliner.

Usul dan Saran

  1. Sebagai tuan rumah yang baik, mari kita layani dengan maksimal para tamu kaum intelektual ini.
  2. Jalin silaturahim dengan para tamu kaum intelektual ini karena mereka adalah putra-putri bangsa ini yang terbaik.
  3. Koordinasi sivitas akademika sangat diperlukan dalam melayani tamu Pimnas XXV ini, walau tidak terlibat secara struktural tetapi hendaknya diadakan sesi pertemuam seperti pertemuan bersama saat menjamu tamu muktamirin  2010 lalu.

Penutup

Akhirnya ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin yang membawa pencerahan bagi semesta alam benar-benar diaplikasikan oleh penerus KH Ahmad Dahlan di kampus UMY ini. Kampus bukan menara gading bagi UMY.

Selamat dan sukses untuk kita semua atas ridho Allah SWT.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

 

 

Bambang Arintoko R

Staf Pascasarjana

Categories: Lomba

PROFIL AKU

bambangarintoko


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Pimnas I

PIMNAS XXV DIGELAR DI UMY Tingkatkan Prestasi Alhamdulillah, Direktorat Penelitian dan Pengabdian ...

Pimnas II

SIDE EFFECT  PIMNAS XXV Jadilah Tuan Rumah yang Baik. Insya Allah ...