Sampe Kenyang

Hanya Blog UMY situs lain

Martabak mesir atau martabak kubang adalah kudapan yang terbuat dari adonan tepung yang berisi telur, daging berbumbu (utamanya rendang daging sapi yang sudah dicincang), dan daun bawang serta disajikan bersama kuah cuka dan berasal dari Nagari Kubang, sebuah nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Masyarakat di luar Sumatra Barat, lebih sering menyebutnya sebagai Martabak Kubang. Istilah “Mesir” pada martabak ini muncul karena saat itu makanan ini pertama kali dibawa oleh orang Arab dan India berkulit hitam. Kemudian menjadi salah kaprah oleh masyarakat setempat dan disebut sebagai “Orang Mesir”. Hingga akhirnya dinamakan Martabak Mesir oleh masyarakat setempat.

Terlepas dari itu, masyarakat setempat menyukai martabak tersebut hingga dipadukan dengan citarasa Minangkabau. Campuran daging giling yang digunakan sebagai isian martabak dicampurkan dengan beragam rempah hingga menyerupai daging Rendang.

Cara Pembatan Martabak Mesir:

  1. Untuk membuat Kulit aduk rata bahan kulit di dalam baskom. Pindahkan ke meja kerja, uleni selama 10-15 menit, bagi2, bentuk bulat, biarkan selama 5 mnt. Pindah ke mangkok, tuang minyak goreng hingga terendam. biarkan 30 mnt.
  2. Untuk membuat Isi: tumis bawang Bombay hingga layu masukkan bawang putih hingga harum, masukkan daging dan bubuk kari, aduk-aduk, bubuhi garam, merica. Masak hingga daging matang. Biarkan sedikit asin krn nnt akan dicampur telur. Kocok lepas telur, masukkan tumisan daging dan daun bawang, bagi juga 2 wadah.
  3. Lalu ambil sebuah adonan kulit, pipihkan hingga melebar dan tipis ditekan pelan dg jari tangan, jgn sampai robek yaa. Masukkan bahan isi, lipat kanan kirinya. Goreng dalam minyak panas hingga kedua sisinya matang. Angkat, tiriskan. (Saat akan memasukkan ke wajan penggorengan angkat martabak yg sdh diisi perlahan yaa). Lakukan hal yg sama utk sisa adonan.
  4. Kuah cuka: rebus bahan B hingga mendidih dan gula larut, lgs tuang ke dlm mangkuk berisi bahan A, biarkan meresap 1jam. Sajikan martabak dg kuah cuka

Sekilas martabak mesir dan martabak telur akan terlihat sama, begitupun asal muasal yang juga sama yaitu dari makanan Arab dan India. Namun, perbedaan tempat saat pertama kali diperkenalkan membuatnya berkembang menjadi sedikit berbeda. Martabak yang diperkenalkan di Sumatra Barat berkembang menjadi Martabak Mesir, sedangkan martabak yang diperkenalkan di Jawa Tengah berkembang menjadi Martabak Telur. Perbedaan yang pasti adalah dari pembuatan bahannya.

Categories: Tak Berkategori

About Daffa Anandito

saya adalah daffa

PROFIL AKU

Daffa Anandito

saya adalah daffa


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Batiah Ikon kota Pay

Kota Payakumbuh merupakan kota di salah satu provinsi sumatera barat ...

Minuman Manis Yang S

Air niro aren adalah cairan manis yang berasal dari penyadapan ...

Cara Pembuatan Marta

Martabak mesir atau martabak kubang adalah kudapan yang terbuat dari adonan tepung yang ...

Perbeaan karya ilmia

Karya Ilmiah Karya ilmiah adalah karya tulis yang pengungkapannya dilakukan ...