Teknologi Informasi Sesuatu yang Baru?

Ketika orang mendengar kata “Teknologi Informasi”, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah komputer dan Internet. Ini juga dapat memunculkan kata-kata seperti “jaringan,” “intranet,” “server,” “firewall,” “keamanan,” serta ekspresi yang lebih misterius seperti “router,” “T-1,” “Ethernet,” atau “VoIP” yang misterius dan terdengar eksotis (diucapkan “voyp”).

Faktanya, teknologi informasi adalah semua hal ini, dan banyak lagi. Ini hampir tidak baru, namun. Teknologi informasi setua otak itu sendiri, jika Anda menganggap otak sebagai pengolah informasi. Sejauh I.T. menjadi ilmu, bahkan itu kembali sejauh upaya paling awal untuk berkomunikasi dan menyimpan informasi.

Dan itulah pada dasarnya apa itu teknologi informasi: komunikasi dan penyimpanan informasi, bersama dengan kemampuan untuk memproses dan memanfaatkan informasi yang disimpan. Dalam bab ini, kita akan mulai dengan sejarah singkat I.T., apa yang ada di dalamnya saat ini, dan berbagai jenis utama I.T. sistem yang tersedia saat ini.

Sejarah Singkat Teknologi Informasi

Karena masyarakat manusia telah tumbuh dalam ukuran dan kompleksitas, demikian pula kebutuhan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengirimkan informasi. Meskipun dapat dikatakan bahwa otak mewakili suatu bentuk “teknologi bio-informasi,” kata Yunani “Tektra” – dari mana kita mendapatkan kata “teknologi” – benar-benar mengacu pada pengetahuan ilmiah atau mekanis, terutama yang melibatkan penggunaan alat. . Oleh karena itu, kami akan memulai perjalanan kami dengan upaya pertama manusia untuk merekam dan mengirimkan pengetahuan melalui cara mekanis.

Zaman Neolitikum dan Zaman Perunggu

Kita mungkin tidak menganggapnya sebagai “teknologi informasi” beberapa ribu tahun yang lalu ketika kita sebagai spesies melukis binatang di dinding gua. Tapi sebenarnya itu mungkin persis seperti itu.

Menggunakan kombinasi alat yang termasuk mangan “krayon” dan tanah liat yang diwarnai dengan berbagai pigmen, manusia purba meninggalkan gambar ini di dinding gua dekat Lascaux, Prancis dan di tebing di Sahara Aljazair.

Ini telah diberi tanggal masing-masing sekitar 18.000 dan 8.000 tahun. Sayangnya, tidak ada cara untuk memastikan secara pasti pesan apa yang sedang dikomunikasikan (masalah yang mungkin akan dihadapi oleh keturunan kita sendiri 15.000 tahun dari sekarang dari apa yang kita tinggalkan!)

Karena gambar tersebut menggambarkan hewan yang biasa diburu pada saat itu, dan mengingat pentingnya hewan buruan bagi budaya berburu-mengumpul, ada kemungkinan bahwa gambar tersebut adalah upaya untuk menyajikan informasi tentang permainan tersebut, atau bagian dari ritus yang dirancang untuk memastikan perburuan yang sukses.

Penemuan sistem penulisan – termasuk piktogram seperti hieroglif, penulisan abjad, dan sistem “suku kata” – tampaknya terjadi hampir bersamaan dengan perkembangan pertanian. Pertanian memperkenalkan konsep-konsep yang sebelumnya tidak dikenal seperti kepemilikan tanah, perdagangan maju dan akumulasi kekayaan, yang pada gilirannya menyebabkan struktur masyarakat yang lebih kompleks.

Seperti yang Anda duga, ini memerlukan pencatatan yang lebih rinci dan efisien. Penulisan abjad memiliki keunggulan substansial dibandingkan piktogram (hieroglif), karena jumlah simbol (huruf) yang relatif terbatas dapat digunakan berulang kali dalam kombinasi tak terbatas untuk mengomunikasikan hampir semua hal. (Seperti yang akan Anda lihat nanti, TI modern hanya menggunakan dua simbol ini!)

Melestarikan dan menyimpan informasi tersebut menimbulkan tantangan tertentu; informasi harus ditulis di atas lempengan batu atau tanah liat (yang berat) atau kulit binatang, lempengan lilin atau papirus (yang tidak tahan lama).

Dunia Helenistik

Orang Yunani Klasik adalah orang pertama yang mencoba menemukan penjelasan ilmiah dan rasional untuk fenomena alam. Beberapa proto-komputer paling awal yang diketahui adalah perangkat mekanis yang dikembangkan oleh orang Yunani. Salah satunya adalah bentuk sempoa (yang juga dikembangkan dan digunakan di Tiongkok kuno). Perangkat memfasilitasi dan menyederhanakan perhitungan matematis.

Pertimbangkan Abacus Yunani-Romawi yang BENAR-BENAR awal

Perangkat komputasi awal lainnya adalah antikthera, yang berasal dari bahasa Yunani. Sebuah antikthera ditemukan oleh seorang penyelam spons Yunani lebih dari seabad yang lalu, hanya baru-baru ini perangkat berusia 2.100 tahun ini direkonstruksi dan terbukti menjadi bentuk awal komputer yang dirancang untuk memetakan pergerakan matahari, bulan, dan lima planet. dikenal pada saat itu.

Sumber: https://teknokrad.com/