faragro2014

Just another Blog UMY site

Pertanian Sebagai Penyelamat Lingkungan Hidup

Posted by Bayu Prasetya Komentar Dinonaktifkan pada Pertanian Sebagai Penyelamat Lingkungan Hidup
Pertanian Adalah Penyelamat Kehidupan

Pertanian Adalah Penyelamat Kehidupan

Akhir-akhir ini kita sering merasakan panas yang tidak biasa karena ini disebabkan oleh meningkatnya suhu bumi yang semakin meningkat dan sebagian besar karena adanya proses efek rumah kaca. Efek rumah kaca ini terjadi ketika adanya radiasi matahari menuju bumi ketika sampai pada atmosfer bumi sebagian dari radiasi tersebut dipantulkan melalui sinar infra merah dan sebagian lagi diteruskan melalui permukaan bumi. Panas tersebut dipantulkan oleh permukaan bumi dan sebagian di serap oleh gas-gas rumah kaca. Penyerapan panas yang dilakukan oleh gas rumah kaca ini menyebabkan bumi kita menjadi hangat. Namun yang tejadi saat ini dengan bertambahnya gas-gas rumah kaca membuat bumi menyerap lebih banyak panas dan dan terjadilah apa yang kita sebut dengan pemanasan global.

Istilah Efek Rumah Kaca (green house effect) berasal dari pengalaman para petani di daerah  iklim sedang yang menanam sayur-mayur dan bunga-bungaan di dalam rumah kaca. Yang terjadi dengan rumah kaca ini, cahaya matahari menembus kaca dan dipantulkan kembali oleh benda-benda dalam ruangan rumah kaca sebagai gelombang panas yang berupa sinar infra merah. Namun gelombang panas itu terperangkap di dalam ruangan kaca serta tidak bercampur dengan udara dingin di luarnya. Akibatnya, suhu di dalam rumah kaca lebih tinggi daripada di luarnya dan menyebabkan. Inilah gambaran sederhana terjadinya efek rumah kaca (ERK).

Sebagai calon sarjana Pertanian kita harus memikirkan agar pertanian khususnya lahan tersebut tidak rusak oleh pengaruh global warming tentunya kita harus memikirkan bagaimana penyelamatan lingkungan melalui pertanian berkelanjutan agar para petani tidak khilangan mata pencahariannya. Pertanian organik merupakan salah satu bagian pendekatan pertanian berkelanjutan, yang di dalamnya meliputi berbagai teknik sistem pertanian, seperti tumpangsari (intercropping), penggunaan mulsa, penanganan tanaman dan pasca panen. Pertanian organik memiliki ciri khas dalam hukum dan sertifikasi, larangan penggunaan bahan sintetik, serta pemeliharaan produktivitas tanah. The International Federation of Organic Agriculture Movements (IFOAM) menyatakan bahwa pertanian organik bertujuan untuk:

  1. a)      menghasilkan produk pertanian yang berkualitas dengan kuantitas memadai,
  2. b)      membudidayakan tanaman secara alami,
  3. c)      mendorong dan meningkatkan siklus hidup biologis dalam ekosistem pertanian,
  4. d)     memelihara dan meningkatkan kesuburan tanah jangka panjang,
  5. e)      menghindarkan seluruh bentuk cemaran yang diakibatkan penerapan teknik pertanian,
  6. f)       memelihara keragaman genetik sistem pertanian dan sekitarnya, serta
  7. g)      mempertimbangkan dampak sosial dan ekologis yang lebih luas dalam sistem usaha tani.

Beberapa kegiatan yang diharapkan dapat menunjang dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan keuntungan harmonisasai produktivitas pertanian dalam jangka panjang, meningkatkan kualitas lingkungan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat tani adalah sebagai berikut :

  • Pengendalian hama terpadu
  • aplikasi sistem rotasi dan budidaya rumput
  • kenservasi lahan
  • menjaga kualitas air/lahan basah
  • aplikasi tanaman pelindung
  • diversifikasi lahan dan tanaman
  • pengelolaan nutrisi tanaman
  • agroforestri (wana tani)
  • Manajemen pemasan
  • Audit dan evaluasi manajemen pertanian secara terpadu dan holistic

Berdasarkan penjabaran yang telah dijelaskan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa pertanian organik merupakan salah satu teknologi alternatif pertanian yang memberikan berbagai hal positif daripada menggunakan rumah kaca yang menyebabkan Global Warming.

sumber :

http://tanimulya.blog.com/2010/06/13/pertanian-berkelanjutan/

Categories: Generasi Pertanian

PROFIL AKU

Bayu Prasetya


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di blog umy. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Pengolahan Lahan Ker

Yang harus di lakukan yaitu mengolah lahan terlebih dahulu, dengan ...

Tugas Saya Sebagai Y

[caption id="attachment_38" align="aligncenter" width="640"] We Are The Young Generation[/caption] Seperti kita ...

Pertanian Sebagai Pe

[caption id="attachment_48" align="aligncenter" width="900"] Pertanian Adalah Penyelamat Kehidupan[/caption] Akhir-akhir ini kita ...

The Benefit of Blog

[caption id="attachment_52" align="alignleft" width="283"] Benefit of Blog[/caption]         ...