berawal dari bismillah

Hanya Blog UMY situs lain

  • how to make teaching plan (RPP)

    Teaching Plan Instructor Ms. Bidaulan Dikasari   Date january, 12 2013 Course Title Islamic Education   Lesson Number Semeter I,Junior high school, class I Unit Akhlaq   Specific Topic Patient General goal Habituate behavior with laudable Instructional goal Explain the meaning of patient Give the example of patient Habituate behavior with patient Reformance Objective Students are able to mention the definetion of patient Students are able to mention the example of patient Students ...

  • Guru Sebagai Manajer Pembelajaran yang Normatif dan Diskriptif

    Guru Sebagai Manajer Pembelajaran yang Normatif dan Diskriptif         Menurut Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen pasal 10 ayat (1) kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. A.     Kompetensi Pedagogik         Dalam Undang-undang ...

  • CONTEXTUAL TEACHING LEARNING(CTL)

     CONTEXTUAL TEACHING LEARNING(CTL) CTL sebagai suatu pendekatan pembelajaran memiliki 7 asas. Asas –asas ini yang melandasi pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL. Ketujuh asas tersebut antara lain : 1. Konstruktivisme Konstruktivisme adalah proses membangun atau menyusun pengetahuan baru dalam struktur kognisi siswa berdasarkan pengalaman.Menurut konstruktivisme,pengalaman itu memang bersala dari luar,akan tetapi dikontruksi ...

how to make teaching plan (RPP)

Posted by bidaulan dikasari 0 Comment

Teaching Plan Instructor Ms. Bidaulan Dikasari   Date january, 12 2013 Course Title Islamic Education   Lesson Number Semeter I,Junior high school, class I Unit Akhlaq   Specific Topic Patient General goal Habituate behavior with laudable Instructional goal Explain the meaning of patient Give the example of patient Habituate behavior with patient Reformance Objective Students are able to mention the definetion of patient Students are able to mention the example of patient Students ...

Continue

Guru Sebagai Manajer Pembelajaran yang Normatif dan Diskriptif         Menurut Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen pasal 10 ayat (1) kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. A.     Kompetensi Pedagogik         Dalam Undang-undang ...

Continue

CONTEXTUAL TEACHING LEARNING(CTL)

Posted by bidaulan dikasari 0 Comment

 CONTEXTUAL TEACHING LEARNING(CTL) CTL sebagai suatu pendekatan pembelajaran memiliki 7 asas. Asas –asas ini yang melandasi pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL. Ketujuh asas tersebut antara lain : 1. Konstruktivisme Konstruktivisme adalah proses membangun atau menyusun pengetahuan baru dalam struktur kognisi siswa berdasarkan pengalaman.Menurut konstruktivisme,pengalaman itu memang bersala dari luar,akan tetapi dikontruksi ...

Continue

Desain pembelajaran

Posted by bidaulan dikasari 0 Comment

Desain pembelajaran Merupakan pengembangan sistematis tentang spesifikasi pembelajaran dengan menggunakan teori pembelejaran dan belajar untuk menjamin mutu pembelejaran. Dalam hal ini maka akan sangat berkaitan dengan pengertian teori dan model teori dasar behavioris, kognitif, dan kontruksi model pembelajaran taksonomi bloom pembaikan taksonomi bloom model kondisi belajar robert gagne model pemrosesan informasi     pengertian teori dan model Menurut Dorin, Demmin, Dan Gabel (1990) ...

Continue

HUMOR ieyuukkk….

Posted by bidaulan dikasari 0 Comment

Masalah Pendengaran JERI pergi ke dokter mengeluh tentang istrinya yang sudah hilang pendengaran "Seberapa burukkah pendengarannya?" tanya dokter. "Entahlah, Dok. Yang jelas saya mesti harus berteriak kalau bicara dengannya" "Oke, cobalah anjuran saya. Berdiri sekitar 6 meter darinya,lalu katakan sesuatu. Kalau dia tak bisa mendengarmu, berdirilah lebih dekat darinya, lalu katakan yang Anda katakan ...

Continue

ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN

Posted by bidaulan dikasari 0 Comment

ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN Aliran-aliran pendidikan telah dimalai sejak awal hidup manusia, karena setiap kelompok manusia selalu dihadapkan dengan generasi muda keturunannya yang memerlukan pendidikan yang lebih baik dari orang tuanya. Di dalam kepustakaan tentang aliran-aliran pendidikan, pemikiran-pemikiran tentang pendidikan telah dimulai dari zaman Yunani kuno sampai kini. Oleh karena itu bahasan tersebut hanya ...

Continue

(Khusus)

Posted by bidaulan dikasari 0 Comment

االخاص (Khusus) A. Pengertian lafal Khash (khusus)   Lafal khash adalah lafal yang menunjuk pada satu individu seperti muhammad, atau menunjuk pada satu jenis seperti رجل (laki-laki), atau menunjuk pada beberapa individu yang terbatas seperti عشرة sepuluh, مائة seratus, قوم kaum, فريق grup, dan lain-lain yang tidak mencakup semua unsur. B. Hukum lafal khash   Ulama sepakat ...

Continue

KAJIAN LAFAL DARI SEGI FORMULA TAKLIF

Posted by bidaulan dikasari 0 Comment

KAJIAN LAFAL DARI SEGI FORMULA TAKLIF   Lafal ditinjau dari segi formula taklif  (bentuk pembebanannya) dibagi menjadi dua: amar dan nahi الأمر Perintah A. Pengertian Amar (Perintah) adalah tuntutan untuk melakukan sesuatu dari pihak yang lebih tinggi kedudukannya pada pihak yang lebih rendah kedudukannya. B. Berbagai Redaksi Perintah Amar atau perintah memiliki beragam redaksi, yaitu: Menggunakan kata ( أمر ...

Continue

Larangan

Posted by bidaulan dikasari 0 Comment

النهي Larangan   A. Pengertian  Nahi/Larangan adalah tuntutan menjauhi suatu perbuatan dari pihak yang lebih tinggi kedudukannya kepada pihak yang lebih rendah kedudukannya   B. Berbagai redaksi larangan   1.      Menggunakan kata   ( نهى ) dan derivasinya, seperti:   إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإْحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ (النحل:90( Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku ...

Continue

TEORI MAQASHID AL-SYARI’AH

Posted by bidaulan dikasari 0 Comment

TEORI MAQASHID AL-SYARI’AH Sudah tidak asing di kalangan para ulama yang berkecimpung dalam juresprudensi Islam (ushul al-fiqh) mengenai teori maqashid al-Syari’ah yang disistematisasi dan dikembangkan oleh al-Syathibi. Bahkan Musthafa Said al-Khin dalam bukunya al-Kafi al-Wafi fi Ushul al-Fiqh al-Islamy membuat kategorisasi baru dalam aliran Ilmu Ushul Fiqh. Bila sebelumnya hanya dikenal ...

Continue

PROFIL AKU

bidaulan dikasari


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

TUJUAN DAN TAKSONOMI

TUJUAN DAN TAKSONOMI HASIL BELAJAR   A.    PENDAHULUAN Beberapa tahun, pendidikan belum menemukan ...

Ijtihad

     A.     Pengertian ijtihad   Ijtihad berasal dari kata (  جهد  ...

TEORI MAQASHID AL-SY

TEORI MAQASHID AL-SYARI’AH Sudah tidak asing di kalangan para ulama yang ...

Larangan

النهي Larangan   A. Pengertian  Nahi/Larangan adalah tuntutan menjauhi suatu perbuatan dari pihak yang ...