agroteknologi B 2014

Just another Blog UMY site

Budidaya Bunga Matahari

Posted by Bindari Fortunasari Comments Off on Budidaya Bunga Matahari

Bunga matahari  adalah tanaman yang indah. Bentuknya besar seperti matahari. Ditanam pada halaman dan taman-taman yang cukup mendapat sinar matahari, sebagai tanaman hias. Tanaman ini cocok di segala alam tetapi tanaman ini paling subur di daerah pegunungan, daerah yang memiliki kelembaban cukup dan banyak mendapatkan sinar matahari langsung. Bunga matahari dapat tumbuh didataran rendah sampai ketinggian 1.50 m.

Tumbuhan ini telah dibudidayakan oleh orang-orang Indian Amerika Utara sejak ribuan tahun lalu. Selanjutnya tersebar ke Amerika Selatan dan menjadi salah satu sumber pangan bagi warga Inka. Setelah penaklukan oleh orang Eropa, bunga Matahari diperkenalkan ke Eropa dan berbagai penjuru dunia lainnya pada abad ke-16. Semenjak abad ke-17 bijinya digunakan dalam campuran roti atau diolah sebagai pengganti kopi serta cokelat. Penggunaannya sebagai sumber minyak mulai dirintis pada abad ke-19.

Ada empat kelompok budidaya bagi bunga matahari yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. Kultivar yang dirakit biasanya diarahkan pada salah satu kegunaan tertentu saja.

  • Kelompok penghasil minyak, dimanfaatkan minyak bijinya. Biji kelompok ini memiliki cangkang biji yang tipis. Kandungan minyaknya berkisar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan bunga majemuk.
  • Kelompok pakan ternak, dipanen daunnya sebagai pakan atau pupuk hijau.
  • Kelompok tanaman hias, yang memiliki warna kelopak yang bervariasi dan memiliki banyak cabang berbunga,
  • Kelompok kuaci, untuk dipanen bijinya sebagai bahan pangan.

Cara menanam bunga matahari

1. Pengenalan Benih.
Ini proses awal yang sangat penting.  Benih bunga Matahari bisanya besar dan sangat gampang dikenali.  Karena benih ini sering dikonsumsi sebagai kwaci.
2. Media Tanam
Umumnya bunga Matahari bisa tumbuh di kondisi tanah yang bagaimanapun, selama ada sinar matahari penuh dan air. Tapi untuk penyemaian, pilih saja tanah yang gembur dan subur.  Yang sanggup mengikat air dengan baik.
3. Tunas
Letakkan pot penyemaian di tempat yang hangat (min 25 derajat celcius) dan usahakan tidak terlalu terang.  Siram 2 kali sehari.  Bila anda menanamnya di media penyemaian, gunakan sprayer air. Setelah berumur 3 – 4 hari, benih yang tadinya anda tekan, akan terlihat terangkat sedikit, karena ternyata di dalam media, benih bunga Matahari sana sudah membentuk akar.
4. Tunas Muda
Sekitar 1 minggu kemudian, tanaman setinggih 5 cm mulai terlihat.   Penyemaian di dalam rumah, bisa mengakibatkan benih tumbuh bengkok, karena sudah naluri setiap tanaman untuk mencari sinar matahari.  Dan di masa-masa muda ini, biasanya benih akan lebih getol untuk menjadi tinggi daripada pembentukan hal-hal lain seperti kekuatan batang.
5. Bayi
Setelah di pindah ke alam terbuka, biasanya saya menutupnya dulu dengan potongan botol plastik bekas air mineral
. Bunga Remaja
Umur 1 – 2 bulan.  tanaman remaja mulai jadi.  Kalau mau, pada saat saat inilah anda boleh memberikan pupuk yang maksimal.  Pupuk kandang ataupun NKP.

 

sun-flower-111706_640

Bagaimana anda tertarik? mudah kan berbudaya bunga matahari? Selamat mencoba 🙂

Categories: Tanaman Bunga

About Bindari Fortunasari

Mahasiswi Agroteknologi UMY 2014 :)

PROFIL AKU

Bindari Fortunasari

Mahasiswi Agroteknologi UMY 2014 :)


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Budidaya Bunga Matah

Bunga matahari  adalah tanaman yang indah. Bentuknya besar seperti matahari. ...

Manfaat Algae Krista

Selamat Datang mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Alga merupakan protista yang ...

Budidaya Mawar

Tanaman Mawar adalah tanaman yang banyak disukai oleh semua orang ...