Blog Punyaku

Hanya Blog UMY situs lain

PIMNAS 2012 diadakan di UMY

Posted by echie hasanah 11 Comments

Teman – teman pada tau gag, kalo bentar lagi bakal diadain PIMNAS di kampus   tercinta kita, tepatnya bulan Juni ini. Nah..Sebelum saya jelaskan apa aja kegiatan yang ada di PIMNAS tersebut, ada baiknya kalo teman-teman saya kasih tau dulu pengertian dari PIMNAS itu sendiri.

Baiklah, PIMNAS adalah singkatan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, dan  PIMNAS 2012 yang akan diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini adalah PIMNAS yang ke-XXV. Bisa dibilang, PIMNAS adalah semacam kompetensi bergengsi dimana seluruh mahasiswa-mahasiswa dari Sabang sampai Merauke dari berbagai macam jurusan, mulai jenjang D3 hingga S1 yang akan bersaing menampilkan karya-karya kreatif terbaik mereka.Tentunya Mahasiswa pintar dan cerdas yang terpilih untuk mewakili lomba ini. Nama baik universitas dan rasa gengsi sangat dipertaruhkan dalam kegiatan ini.

PIMNAS sangat erat hubungannya dengan PKM. Mengapa demikian? PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu mahasiswa di perguruan tinggi supaya nantinya bisa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Pasti teman-teman bertanya-tanya… darimana sih awalnya muncul PIMNAS itu??? trus buat apa diadakan PIMNAS??? Yups, saya akan mereview sedikit tentang sejarah dan tujuan diadakan PIMNAS itu sendiri

Sejarah PIMNAS

Sejarah penyelenggaraan PIMNAS di Indonesia berawal dari Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Karya Inovatif Produktif (LKIP) mahasiswa yang dilaksanakan pertama kali pada tahun 1980 di Universitas Indonesia. Dalam perkembangannya, kedua kegiatan tersebut pada tahun 1988 dikembangkan dengan menambahkan kegiatan penunjang berupa Pameran, Bazar, Studium Generale, Pentas Seni, dan Seminar, yang kemudian disebut dengan Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM).

Penyelenggaraan LKIM sempat berlangsung selama dua tahun, dan kemudian dengan penyempurnaan dan penambahan kegiatan penunjang, penyelenggaraan pada tahun ke tiga nama kegiatan dirubah menjadi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), dan sekaligus merupakan Pimnas III. Secara berurutan penyelenggaraan LKIM dan Pimnas dari tahun 1988 sampai tahun 2006. Dilihat dari sifatnya, secara garis besar kegiatan Pimnas terdiri dari atas 2 (dua) kegiatan, yaitu : (1) kegiatan yang bersifat utama, dan (2) kegiatan yang sifatnya menunjang kegiatan utama (kegiatan penunjang).

Tujuan diadakannya PIMNAS

Pelaksanaan PIMNAS dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa, mengembangkan komunikasi ilmiah, memacu dan membudayakan kreativitas dan penalaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (Ipteks). Dengan jiwa, semangat, budaya dan tradisi ilmiah diharapkan akan menjadi kekuatan yang melandasi kreativitas dan penalaran mahasiswa sebagai cerminan masyarakat ilmiah yang bertitik tolak pada pemantapan budaya akademik yang mengarah kepada terciptanya suasana akademik yang kondusif.

Lomba – lomba apa saja yang ada di PIMNAS ???

Karena PIMNAS merupakan kompetisi event, maka yang diperlombakan adalah proposal kegiatan yang dibuat oleh para mahasiswa dengan topik yang sudah ditentukan oleh panitia. Kemudian DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) membiayai mahasiswa yang mengikuti kegiatan yang sudah dibuat sesuai dengan proposal yang sudah diajukan. Eitss..untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan dana, Panitia juga akan meminta pertanggung jawaban berupa laporan aktivitas dan hasil yang sudah bisa dicapai beserta laporan keuangan secara detail.

Apa saja topik proposal PIMNAS 2012??

Pada PIMNAS tahun ini, ada 7 bidang PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) yang akan dilombakan. Ke 7  jenis kegiatan PKM ini memiliki misi dan tuntutan teknis pelaksanaan yang berbeda. Perbedaan tersebut ditunjukkan melalui karakteristik masing-masing PKM sebagai berikut:

  • PKM-P (PKM-Penelitian)

PKM-P merupakan program yang berhubungan dengan penelitian sosial maupun ilmiah. Contohnya adalah “Pengaruh mitos-mitos masyarakat Bengkulu dalam kebudayaan Tabot” atau “Dampak penggunaan air tampungan hujan bagi sistem sanitasi di daerah Bojonegoro”

  • PKM-T (PKM-Penerapan Teknologi)

PKM ini mengusung suatu program bantuan teknologi bisa berupa sistem (mesin, model, pengolahan limbah, dll) atau manajemen (pembukuan, administrasi, pemasaran) tertentu yang harus bisa membantu atau bekerja sama dengan usaha-usaha mikro kelas menengah ke bawah. Tentunya dalam menjalankan program ini harus menggandeng partner usaha yang dijalankan oleh masyarakat dan tentunya juga akan mendapatkan bantuan.

  • PKM-K (PKM-Kewirausahaan)

PKM yang satu ini sangat cocok bagi yang berjiwa bisnis, ambisius, tak takut rugi, dan pekerja keras. PKM ini sangat berorientasi pada profit dan komoditi yang ditawarkan oleh peserta, bisa merupaka jasa atau barang. Di dalam PKM ini, peserta merupakan penggerak utama usaha tersebut tanpa harus mencari mitra seperti pada PKM-T.

  • PKM-M (PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat)

Kerja sama dengan masyarakat merupakan sesuatu yang paling ditonjolkan dalam hal ini. Dalam membantu meningkatkan kuualitas hidup masyarakat, para peserta dituntut untuk membuat menjalankan program-program kemasyarakatan. Contohnya adalah memberantas buta huruf, mengadakan berbagai macam penyuluhan-penyuluhan, dll.

  • PKM-AI (PKM-Artikel Ilmiah)

PKM ini merupakan program penulisan artikel-artikel ilmiah dalam bidang pendidikan, kedokteran, penelitian, maupun pengabdian masyarakat yang sebelumnya pernah dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri (misalnya KKN, studi kasus, dll). PKM yang satu ini sangat berbeda dibandingkan dengan yang lainnya, karena proposalnya hanya akan diseleksi di DIKTI dan tidak perlu mempersentasikannya di PIMNAS. Jika lolos, maka akan dipublikasikan sebagai jurnal ilmiah yang terakreditasi,

  • PKM-GT (PKM-Gagasan Tertulis)

Yang membedakan PKM ini adalah, PKM ini merupakan murni gagasan tertulis. Para peserta menuangkan ide-ide yang cerdas, kritis, dan realistis terhadap isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat saat ini dan dituangkan dalam sebuah artikel. Oleh sebab itu, PKM ini adalah satu-satunya PKM yang tidak mendapatkan kucuran dana dari DIKTI karena masih tertahan pada tahap ide dan tidak masuk dalam tahap realisasi.

  • PKM-KC (PKM-Karsa Cipta)

Inti dari PKM ini adalah ‘penciptaan’ yang bersumber dari ide-ide kreatif para mahasiswa yang dapat berupa model, sistem, dll.

Hmm…saya rasa cukup sekian penjelasan tentang PIMNAS 2012. Semoga tahun ini, UMY bisa menjadi juara umum PIMNAS.Sebagai Mahasiswa UMY saya mendukung 100 % semoga UMY menang.amiinnn…

Categories: PIMNAS

PROFIL AKU

echie hasanah


Popular Posts

Konser Lady Gaga(L)

Waahh...teman-teman pasti tau donk berita yang lagi heboh sekarang??? Yupss.. ...

Diet alami dan sehat

Kebanyakan wanita sekarang rela melakukan segala hal untuk menurutkan berat ...

PIMNAS 2012 diadakan

Teman - teman pada tau gag, kalo bentar lagi ...

Senangnya Matkul Kos

Siang guyyss....Siang ini saya bakal memposting soal kebiasaan mahasiswa yang ...

Kick Andy alias Andy

Malam guyyss.. Sudah lama saya tidak memposting. kali ini saya akan ...