Blog Punyaku

Hanya Blog UMY situs lain

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin canggih pula teknologi yang ada. kebanyakan para remaja sekarang udah gag asing  mendengar atau menggunakan bahasa program Java pada smartphone yang dimiliki. Tapi kali ini saya bukan membahas tentang Java, melainkan tentang JavaScript. Hmm… mungkin kata ini masih asing di telinga kalian, gara perkembangan JavaScript memang lebih lambat dibandingkan Java. Kalian tau gag sih apa itu JavaScript,. trus apa hubungannya JavaScript dengan Java. Untuk infonya, kalian simak tulisan saya sampai selesai ya.hehe 😀

Sejarah Munculnya JavaScript

JavaScript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa  ini dinamakan “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, pengembangannya yang terkesan buru buru dan tidak ada pesan kesalahan yang di tampilkan setiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejalan dengan sedang giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java” ) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995. Pada saat yang bersamaan Microsoft sendiri mencoba untuk mengadaptasikan teknologi ini yang mereka sebut sebagai “Jscript” di browser Internet Explorer 3.

Pengertian JavaScript

Javascript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML, bahasa ini adalah bahasa skrip pertama untuk web. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan  mengijinkan pengeksekusian perintah perintah di sisi user, yang artinya di sisi browser bukan di sisi server web.  JavaScript bergantung kepada browser (navigator) yang memanggil halaman web yang berisi skrip – skrip dari JavaScript dan tentu saja terselip di dalam dokumen HTML. JavaScript juga tidak memerlukan kompilator atau penterjemah khusus untuk menjalankannya (pada kenyataannya kompilator Javascript sendiri sudah termasuk di dalam browser tersebut). Lain halnya dengan bahasa “Java” (dengan mana JavaScript selalu di banding bandingkan) yang memerlukan kompilator khusus untuk menterjemahkannya di sisi user/klien.

Perbedaan JavaScript dan Java

JavaScript merupakan suatu bahasa pemrograman yang perkembangannya lambat di bandingkan dengan Java yang berkembang sangat cepat. Di JavaScript kita tidak mungkin menyembunyikan kode skrip yang kita tulis, kode langsung di tulis di dalam dokumen HTML dan sangat mudah terlihat, sedangkan di Java, kode sudah berbentuk setengah terkompilasi (dalam bentuk applet) dan tidak mungkin terlihat dari dalam dokumen HTML, satu mesin virtual di sisi user yang bertanggung jawab untuk menterjemahkan program di dalam applet tersebut setiap kali halaman HTML yang memuat applet tersebut dipanggil oleh browser. Dibandingkan dengan applet java yang cukup lambat dibuka oleh browser, bisa kita katakan bahwa JavaScript cukup cepat di panggil(di load) oleh navigator.

Nah..ini Tabel perbedaan antara JavaScript dengan Java :

JavaScript adalah bahasa yang “case sensitive” artinya membedakan penamaan variabel dan fungsi yang menggunakan huruf besar dan huruf kecil, contoh variabel atau fungsi dengan nama TEST berbeda dengan variabel dengan nama test. Dan yang terakhir seperti bahasa Java ataupun C, setiap instruksi diakhiri dengan karakter titik koma (;)

Bentuk Script dari JavaScript :

<SCRIPT language=”Javascript”>

<! — letakkan script anda disini ;

</SCRIPT>

Menambahkan Komentar pada JavaScript

Jika ingin menambahkan komentar pada JavaSCript, maka kalian bisa menggunakan tanda //–> ( untuk menambahkan 1 baris komentar ) atau tanda /*….*/ ( untuk menambahkan komentar lebih dari 1 baris )

Contohnya :

<SCRIPT language=”Javascript”>  

<!– letakkan script anda disini ; 

//Tulis Komentar yang diperlukan 

atau

/* Tulis komentar

yang diperlukan */

</SCRIPT>

Contoh Program JavaScript yang sederhana :

<HTML>

<HEAD>

<TITLE>Contoh Program Javascript</TITLE>

</HEAD>

<BODY> 

<SCRIPT language=”Javascript”>

<!– alert(“Hallo !”);

// Diisi untuk komentar yang anda mau !!

</SCRIPT>  

</BODY>

</HTML> 

Tulisan ini sebagian saya ambil sumbernya dari google dan dari Mata Kuliah yang saya pelajari. Semoga dengan adanya tulisan ini, dapat membantu teman – teman lebih mengenal tentang JavaScript.

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

echie hasanah


Popular Posts

Konser Lady Gaga(L)

Waahh...teman-teman pasti tau donk berita yang lagi heboh sekarang??? Yupss.. ...

Diet alami dan sehat

Kebanyakan wanita sekarang rela melakukan segala hal untuk menurutkan berat ...

PIMNAS 2012 diadakan

Teman - teman pada tau gag, kalo bentar lagi ...

Senangnya Matkul Kos

Siang guyyss....Siang ini saya bakal memposting soal kebiasaan mahasiswa yang ...

Kick Andy alias Andy

Malam guyyss.. Sudah lama saya tidak memposting. kali ini saya akan ...