Buset's Blog

Ordinary. Daily note!

Pilihanku, Jogjakarta & UMY!

Posted by Budi Setiawan 0 Comment

Sejak menduduki bangku Sekolah Menengah Pertama, tepatnya saat menginjak kelas IX, aku sudah bermimpi untuk bisa melanjutkan bersekolah di perguruan tinggi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Padahal waktu itu aku masih anak SMP tapi aku sudah heboh sendiri ingin segera melanjutkan studi di Yogyakarta.

Kenapa aku sangat ingin ngotot kuliah di Yogyakarta? Aku sendiri tidak punya alasan yang aku pikir bisa menguatkan keinginanku untuk berkuliah di sana tetapi entah kenapa aku sangat ingin berkuliah di kota yang biasa dijuluki dengan julukan ‘Kota Pelajar’.

3 Tahun kemudian…

Akhirnya semester satu di kelas XII Sekolah Menengah Atas sudah aku lalui. Semester 2? Kalian pasti tahu, pada saat itu semua pelajar kelas XII sibuk mendaftarkan diri ke berbagai Perguruan Tinggii Swasta (untuk pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri biasanya dibuka pada saat menjelang Ujian Akhir Nasional) untuk mengikuti serangkaian test penerimaan mahasiswa baru. Walaupun saat itu belum dilaksanakan Ujian Akhir Sekolah & Ujian AKhir Nasional.

Teman-temanku sibuk mendaftarkan diri ke berbagai PTS yang telah melakukan sosialisasi ke sekolah, namun berbeda denganku yang tidak melakukan pendaftaran ke PTS manapun. Aku merasa tidak tertarik dengan PTS-PTS yang menawarkan pendaftaran mahasiswa baru ke sekolah, akupun tidak tahu kenapa.

Namun pada saat itu aku sudah punya pilihan, kalaupun aku harus masuk ke PTS, aku akan memilih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Karena tidak ada sosialisasi dari pihak UMY ke sekolah, akhirnya aku cari-cari sendiri berbagai informasi tentang penerimaaan mahasiswa baru. Setelah mendapatkan berbagai informasi, akhirnya aku mendaftar sebagai pesertas seleksi calo maba UMY melalui jalur tanpa test tahap 1 dengan pilihan pertama prodi Hubungan Internasional. Alhamdulillah setelah menunggu kurang lebih dua bulan, berdasarkan hasil seleksi tersebut aku dinyatakan lulus.

Aku masuk menjadi salah satu siswa pilihan sekolah untuk mengikuti SNMPT Undangan, dan aku tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mendaftarkan diri ke PTN yang ada di Yogyakarta. Aku mendaftar ke Universitas Gadjah Mada, prodi HI. Namun karena persaingan yang sangat ketat, aku tidak lolos seleksi dan akhirnya dengan teguh hati dan tekad yang kuat aku langsung memilih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai tempatku mencari ilmu di jenjang selanjutnya, tanpa mendaftar ke PTN/PTS. Insyallah ini akan menjadi pilihan yang sangat tepat bagiku. Amin…:)

Categories: Story

PROFIL AKU

Budi Setiawan


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Pilihanku, Jogjakart

Sejak menduduki bangku Sekolah Menengah Pertama, tepatnya saat menginjak kelas ...