PKS: Konflik Rohingya Bukan Persoalan Agama

Berita Nasional – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman menyebutkan persekusi pada etnis Rohingya yang mayoritasnya beragama Islam di Rakhine State Myanmar tidaklah perseteruan agama.
” Ini bukanlah masalah agama, ini yaitu masalah kemanusiaan, ” katanya pada wartawan di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Jakarta Selatan, Minggu (3/9/2017).

Ia percaya orang-orang Indonesia dapat dewasa menanggapi perseteruan itu serta turut berperan serta dengan pemerintah untuk menghadapi supaya problem itu tidak mejalar hingga ke Indonesia, sambil tetaplah memberi supportnya pada etnis Rohingya.

” Pasti kita jadi bangsa yang telah demikian lama serta kita telah dewasa menyiapi keragaman yang berada di kita. Saya sangka janganlah lalu kita membawa masalah ini jadi satu sengketa di negeri kita, ” terangnya.

Etnis Rohingya yaitu pendatang dari Bangladesh, yang telah beberapa ratus th. menempati tanah Rakhine State, tetapi tidak disadari pemerintah Myanmar.

Problem itu lalu berbuntut pada preseksui, yang mengakibatkan beberapa ratus sampai beberapa ribu warga Rohingya tewas, serta beberapa puluh ribu yang lain mengungsi keluar negara.

Indonesia jadi negara pendukung perdamaian dunia, menurut Sohibul Iman, telah sepantasnya ambil aksi supaya perseteruan itu tidak berlanjut, serta presekusi pada etnis Rohingya selesai.

Sikap itu menurut Sohibul Iman mesti di ambil pada beragam perseteruan yang ada, lepas dari agama sang korban.

” Insya Allah, apa pun suku serta agama kita, ini masalah kemanusiaan, mari kita kerjakan masalah yang berada di sana, janganlah sekali-kali membawa hal tersebut kesini, ” terangnya di Cafe4D.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar