Agrotek Blog

Farmers is future

Khasiat Mengkudu

Posted by Bagas C.p Comments Off on Khasiat Mengkudu

http://4.bp.blogspot.com/-orAN9YYeQKc/VC5HeODT24I/AAAAAAAABLI/YKFskYTWAjg/s1600/Buah%2BMengkudu.jpg

Buah mengkudu atau sering juga disebut dengan buah pace ternyata mempunyai banyak sekali khasiat untuk manusia dan juga untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Buah mengkudu ini mudah ditanam di daerah iklim tropis, dimana Indonesia memiliki iklim tropis sehingga buah mengkudu ini mudah ditanam dan tumbuh di Indonesia.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk pengobatan tradisional disertai dengan contoh resep dan penggunaannya.

Mengatasi Hipertensi
Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranya, sediakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.

Menyembuhkan Batuk
Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah mengobati batuk. Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Obat Sakit Perut
Khasiat buah mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai obat sakit perut. Jika Anda atau keluarga terkena sakit perut, ambil saja 2-3 lembar daun mengkudu. Setelah dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.

Mengobati Sakit Kuning
Bahan yang diperlukan adalah 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Demam, Masuk angin dan infuenza
Bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan rauan tersebut diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

Mengatasi kulit bersisik
Buah mengkudu yang sudah masak di pohon memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk kecantikan, buah mengkudu bisa digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

 

Categories: Buah-buahan

PROFIL AKU

Bagas C.p


Popular Posts

Hello Farmers!

    Selamat datang di Pertanian UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Manfaat Buah Pisang

Beberapa manfaat buah pisang: 1. Sumber Tenaga Pisang dapat dicerna dengan mudah, ...

Khasiat Mengkudu

Buah mengkudu atau sering juga disebut dengan buah pace ternyata ...

Kesan tentang Fakult

Pertanian...!!!! Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa petani adalah buruh yang ...

Pemanfaatan Blog unt

 Blog berasal dari kata web dan blog, blog berarti bisa ...