Agrotek Blog

Farmers is future

Penyelamatan Lingkungan Melalui Petani Berkelanjutan

Posted by Bagas C.p Comments Off on Penyelamatan Lingkungan Melalui Petani Berkelanjutan

http://2.bp.blogspot.com/-bygFsY9La4Q/UTk9QDglU6I/AAAAAAAAAGk/Mr8KfY0FWlY/s1600/pengertian-lingkungan-hidup.jpghttp://www.loveindonesia.com/images/partner_news/3/27874/photo.jpg

Lingkungan merupakan tempat tinggal makhluk hidup yang dimana makhluk hidup bergantung makan pada makanan yang dihasilkan oleh lingkungan seperti hewan membutuhkan makanan yang dihasilkan oleh lingkungan , Bagaimana bila  lingkungan itu sudah rusak apakah berpengaruh pada makhluk hidup?? Tentu saja sangat berpengaruh pada makhluk hidup dan bisa mengakibatkan bencana di lingkungan itu. Perubahan lingkugan sering terjadi khususnya pada perubahan cuaca. Hal ini mungkin disebabkan akibat semakin berkurangnya jumlah tumbuhan di bumi disebabkan penebangan hutan secara liar tanpa memperhatikan proses tebang pilih dan penanaman tumbuhan baru. Akibat penebangan liar itulah, hampir di setiap daerah sering mengalami banjir, longsor akibat pergeseran lapisan tanah, erosi, kebakaran, global warming, kerusakan-kerusakan struktur tanah, polusi air, pencemaran lingkungan akibat penggunaan pupuk dan pestisida buatan pabrik menghasilkan produk-produk pertaniannya mengandung racun.

Ekploitasi yang tiada henti meyebabkan kerusakan-kerusakan dalam berbagai tingkatan kerusakannya. Hutan makin gundul yang berakibat makin banyaknya bencana tanah longsor dan banjir bandang. Lingkungan perkotaan makin tidak nyaman dengan makin panasnya udara, sampah bertebaran tak terkendali, sungai menyempit, dangkal, dan kotor, udara makin kotor, serta banjir bila hujan. Anomali iklim ekstrim yang menyebabkan kekeringan dan besarnya curah hujan serta bencana lainnya kini frekuensi kejadiannya semakin sering. Lingkungan sekarang sudah hancur terutama di daerah kota metropolitan karena banyak lahan kosong yang bisa dijadikan untuk pertanian malah dijadikan untuk gedung-gedung tinggi yang justru bisa menyebabkan kerusakan pada tanah. Tetapi lingkungan yang rusak bisa diimbangi dengan pertanian sedikit demi sedikit supaya bisa menjaga lingkungan, Berikut adalah beberapa upaya untuk menjaga lingkungan melalui pertanian :

http://yasmingaldaa.files.wordpress.com/2014/06/pengertian-sumber-daya-alam-indonesia.jpg

  1. Menghindarkan seluruh bentuk cemaran dari insdustri besar-besaran.
  2. Sistem menebang yang sudah diatur waktu pertumbuhannya.
  3. Membudidayakan tanaman secara alami.
  4. Penggunaan teknologi pertanian yang ramah lingkungan.
  5. Penggunaan pupuk organik.
  6. Memelihara dan meningkatkan kesuburan tanah jangka panjang.
  7. Tidak mengalihfungsikan hutan menjadi lahan untuk didirikan bangunan.
  8. Memelihara keragaman genetik sistem pertanian dan sekitarnya.
  9. Sosialisasi pemasyarakatan mengenai pentingnya pertanian yang ramah lingkungan.
  10. Mengenbangkan sistem pertanian berkelanjutan.

Kita harus melakukan upaya-upaya untuk  menjaga bumi kita agar tidak rusak dan menjadikan bumi kita sebagai tempat yang layak untuk kita tinggali. Jika bumi kita nyaman dan indah kita juga yang akan merasakan kenikmatanya. Jika bumi kita rusak, kita juga yang akan mendapatkan bencananya dan dampak negatifnya.

Categories: Umum

PROFIL AKU

Bagas C.p


Popular Posts

Hello Farmers!

    Selamat datang di Pertanian UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Manfaat Buah Pisang

Beberapa manfaat buah pisang: 1. Sumber Tenaga Pisang dapat dicerna dengan mudah, ...

Khasiat Mengkudu

Buah mengkudu atau sering juga disebut dengan buah pace ternyata ...

Kesan tentang Fakult

Pertanian...!!!! Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa petani adalah buruh yang ...

Pemanfaatan Blog unt

 Blog berasal dari kata web dan blog, blog berarti bisa ...