Cara meningkatkan traffic (pengunjung) ke Blog

Sebagai pemilik blog, tentunya ingin blog yang dikelola ramai oleh pengunjung. Blog yang ramai ibarat toko yang ramai. Semakin ramai blog, semakin besar kemungkinan pesan yang hendak disampaikan oleh pemiliknya sampai kepada banyak orang.Namun untuk membuat blog yang ramai bukan perkara yang mudah. Perlu ada usaha dan ketekunan dari pengelola agar tujuannya tercapai.

Berikut ini tips bagaimana meningkatkan traffik blog.

Blogwalking

Cara sederhana untuk meramaikan blog adalah dengan blogwalking. Blogwalking bisa dikatakan seperti bersilaturahmi ke sesama blogger di dunia maya. Lakukanlah blogwalking sambil menebarkan komentar yang bermanfaat dan jalinlah komunikasi yang hangat dan baik dengan pemilik blog bersangkutan. Setelah komunikasi terjalin, biasanya pemilik blog bersangkutan akan menclok ke blog kita.  Intinya, jalin siaturahmi de ngan blogger siapapun di dunia maya.

NB: selain mendatangkan traffic, meninggalkan jejak/komentar pada blog orang lain bisa meningkatkan backlink (tautan) juga untuk website kita.

Buat artikel yang menarik

Artikel/tulisan yang menarik selalu mengundang pengunjung untuk membaca. Untuk itu buatlah tulisan yang menarik dan berbobot agar menjadi magnet yang bisa menarik pengunjung mampir ke blog kita. Pelajari teknik-teknik penulisan yang baik dan pilih tema-tema  yang menarik.

Memasang signature di forum-forum

Ikut aktiflah pada forum-forum diskusi seperti forum detik, forum vivanews dll (yang menyediakan edit signature) dan pasang link blog kita pada signature. Cara memasang signature silahkan baca disini.

Promosikan artikel via Facebook & Twitter

Promosikan artikel-artikel yang kita tulis melalui FB dan Twitter.Jika tulisan kita menarik, kita bisa mendatangkan pengunjung dari aktivitas promosi tersebut.

Ramah kepada pengunjung

Jadilah pemilik blog yang ramah kepada pengunjung. Kesan pertama yang ramah bisa membuat pengunjung kembali lagi ke blog kita di suatu saat. layani mereka dengan baik. Balas komentar-komentar mereka dengan sopan dll.

Tentang Blog UMY Admin 19 Articles
Penjaga gawang Blog UMY. Butuh bantuan? Gunakan kontak di bawah ini untuk menghubungi kami:

4 Comments on Cara meningkatkan traffic (pengunjung) ke Blog

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas