Aul's Note

Be Creative Here..!!

A. Mengkonfigurasi EtherChannels
     a. Panduan Konfigurasi

Petunjuk dan batasan berikut berguna untuk mengkonfigurasi EtherChannel:

  • Dukungan EtherChannel – Semua antarmuka Ethernet pada semua modul harus mendukung EtherChannel tanpa persyaratan bahwa antarmuka secara fisik berdekatan, atau pada modul yang sama.
  • Kecepatan dan dupleks – Mengkonfigurasi semua antarmuka dalam EtherChannel untuk beroperasi pada kecepatan yang sama dan dalam mode dupleks yang sama.
  • VLAN match – Semua antarmuka dalam bundel EtherChannel harus diberikan ke VLAN yang sama, atau dikonfigurasikan sebagai bagasi.
  • Rentang VLAN – EtherChannel mendukung rentang VLAN yang sama pada semua antarmuka di EtherChannel trunk. Jika rentang VLAN yang diizinkan tidak sama, antarmuka tidak membentuk EtherChannel, meskipun disetel ke mode otomatis atau yang diinginkan.

Jika pengaturan ini harus diubah, konfigurasikannya dalam mode konfigurasi antarmuka saluran port. Setiap konfigurasi yang diterapkan pada antarmuka saluran port juga mempengaruhi antarmuka individu. Namun, konfigurasi yang diterapkan pada masing-masing antarmuka tidak mempengaruhi antarmuka saluran port. Oleh karena itu, membuat perubahan konfigurasi pada antarmuka yang merupakan bagian dari tautan EtherChannel dapat menyebabkan masalah kompatibilitas antarmuka. Saluran port dapat dikonfigurasi dalam mode akses, mode bagasi (paling umum), atau pada port routed.

     b. Mengkonfigurasi Antarmuka

Mengkonfigurasi EtherChannel dengan LACP memerlukan dua langkah:

  • Langkah 1. Tentukan antarmuka yang membentuk grup EtherChannel dengan menggunakan antarmuka antarmuka antarmuka mode perintah konfigurasi global. Kata kunci jangkauan memungkinkan Anda memilih beberapa antarmuka dan mengkonfigurasi semuanya. Praktik yang baik adalah memulai dengan mematikan antarmuka tersebut, sehingga konfigurasi yang tidak lengkap tidak menciptakan aktivitas pada tautan.

 

  • Langkah 2. Buat port channel interface dengan channel-group identifier mode active command pada mode konfigurasi range interface. Pengenal menentukan nomor grup saluran. The aktif Modus kata kunci mengidentifikasi ini sebagai konfigurasi LACP EtherChannel.

Untuk mengubah pengaturan Layer 2 pada antarmuka saluran port, masukkan mode konfigurasi antarmuka saluran port menggunakan perintah port-channel interface, diikuti oleh pengenal antarmuka. Pada contohnya, EtherChannel dikonfigurasikan sebagai antarmuka batang dengan VLAN yang diizinkan. Juga ditunjukkan pada Gambar 1, saluran port dikonfigurasi sebagai batang yang memungkinkan lalu lintas dari VLAN 1, 2, dan 20.


B. Memverifikasi dan mengatasi masalah EtherChannel
     a. Memverifikasi EtherChannel

Ada sejumlah perintah untuk memverifikasi konfigurasi EtherChannel. Pertama, antarmuka tampilan perintah port-channel menampilkan status umum dari antarmuka saluran port. Bila beberapa antarmuka saluran port dikonfigurasi pada perangkat yang sama, gunakan perintah ringkasan etherchannel untuk menampilkan satu baris informasi per kanal port. Bilah antarmuka terdiri dari antarmuka FastEthernet0 / 1 dan FastEthernet0 / 2. Kelompok ini adalah Layer 2 EtherChannel dan digunakan, seperti yang ditunjukkan oleh huruf SU di samping nomor saluran port. Gunakan perintah saluran port etherchannel untuk menampilkan informasi tentang antarmuka saluran port tertentu. Pada setiap anggota antarmuka fisik dari bundel EtherChannel, antarmuka menunjukkan perintah etherchannel dapat memberikan informasi tentang peran antarmuka di EtherChannel.

     b. Mengatasi masalah EtherChannel

Semua antarmuka di dalam EtherChannel harus memiliki konfigurasi kecepatan dan mode dupleks yang sama, VLAN bawaan dan yang diijinkan pada trunk, dan akses VLAN pada port akses:

  • Tetapkan semua port di EtherChannel ke VLAN yang sama, atau konfigurasikannya sebagai koper. Port dengan VLAN asli yang berbeda tidak dapat membentuk EtherChannel.

 

  • Saat mengkonfigurasi sebuah trunk pada EtherChannel, verifikasi mode trunking pada EtherChannel. Tidak disarankan Anda mengkonfigurasi mode trunking pada port individual yang membentuk EtherChannel. Tapi jika sudah selesai, verifikasi bahwa konfigurasi trunking sama pada semua antarmuka.

 

  • EtherChannel mendukung rentang VLAN yang sama di semua port. Jika rentang VLAN yang diijinkan tidak sama, port tidak membentuk EtherChannel meskipun PAgP diatur ke mode otomatis atau yang diinginkan .

Opsi negosiasi dinamis untuk PAgP dan LACP harus dikonfigurasi secara komperhensif di kedua ujung EtherChannel.

Categories: Uncategorized

About Aul

Information Technology UMY '14 as Programmer from Sidoarjo, Jawa Timur, ID

PROFIL AKU

Aul

Information Technology UMY '14
as Programmer
from Sidoarjo, Jawa Timur, ID


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

BAB 1 - Gambaran JSF

1.1 Pendahuluan JSF 1.2 Telusuri JSF Framework

BAB 2 - Pengembangan

2.1 Menjelajahi Tag Perpustakaan JSFTeknologi JSF dapat digunakan untuk ...

BAB 3 - Pengaturan M

3.1 Mengakses dan Pengolahan Input PenggunaMendefinisikan Managed Beans Untuk mengakses dan ...

BAB 4 - Mengatur Alu

4.1 Mengenalkan Model Navigasi1. Mengidentifikasi Jenis Navigasi Berdasarkan tindakan pengguna, ...