2020 Banyak Hp Tak Bisa Pakai Whatsapp Lagi! Apakah Milikmu Masuk Salah Satunya?

Siapa yang tak kenal whatsapp aplikasi chatting yang sangat populer saat ini dengan berbagai fitur hebatnya. Jika beberapa tahun lalu sejumlah ponsel jadul harus kehilangan kesempatan memanfaatkan aplikasi ini pada sistemnya, tahun 2020 beberapa jenis ponsel dipastikan tak bisa mengakses aplikasi whatsapp yang sudah digunakan puluhan juta orang di dunia ini. Apa saja ponsel tersebut?

Ini Tiga Jenis Ponsel Yang Harus Ucapkan “Goodbye Whatsapp”

2020 Banyak Hp Tak Bisa Pakai Whatsapp Lagi! Apakah Milikmu Masuk Salah Satunya?

Mulai diperkenalkan tahun 2009, whatsapp mengembangkan diri untuk bisa mendukung berbagai jenis ponsel, baik yang berbasis iOS, Android hingga windows phone. hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan pada pengguna untuk bisa berinteraksi lintas sistem operasi. Namun dengan alasan ingin meningkatkan pelayanan dan kenyamanan, penghentian dukunganpun dilakukan. Berikut ini jenis ponsel yang tak lagi bisa menggunakan whatsapp.

1. Sistem Operasi iOS

Bagi Anda pengguna ponsel besutan Apple yang dikenal dengan nama iPhone harus waspada karena, mulai tahun 2020 tepatnya awal Februari 2020, aplikasi whatsapp hanya mendukung iPhone dengan iOS 9 ke atas. Artinya iPhone dengan sistem operasi iOS 8 ke bawah atau seperti  fakta hp legendaris nokia sudah tidak dapat menggunakannya.

Beberapa diantaranya adalah Iphone 5S, Iphone 4, iPhone 3S, iPad touch generasi enam, iPad Air 2, iPad 3, iPad Mini dari generasi pertama hingga yang menggunakan iOS versi 8. Sedangkan mulai dari iPhone 6 ke atas masih bisa menggunakan aplikasi dengan lambang bulat hijau tersebut.

2. Sistem Operasi Android

Untuk ponsel berbasis Android juga akan terkena imbas dari pembaharuan yang dilakukan oleh aplikasi whatsapp yang kini berada di bawah naungan Facebook tersebut. Hal ini akan sangat berpengaruh di dunia telekomunikasi karena banyak ponsel yang menggunakan sistem operasi Android seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Lenovo, Advan dan masih banyak lagi.

Whatsapp dipastikan tidak akan mendukung ponsel dengan Android 3.0 dan 3.2 Honeycomb, 2.3 Ginger Bread ke bawah, tepatnya yaitu 2.2 Froyo, 2.1 dan 2.2 Éclair, 1.6 Donut, 1.5 Cupcake, 1.0 Astro dan Bender, serta 1.1 Astro dan Bender. Tapi kalau HP kamu menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas masih bisa menikmati semua fitur aplikasi tersebut.

3. Sistem Operasi Windows

Yang paling mengenaskan adalah ponsel yang menggunakan sistem operasi ini, karena tak akan bisa menggunakan aplikasi whatsapp lagi. Salah satu yang paling Nokia seri S40 yang akan  berhenti didukung oleh aplikasi ini pada 31 Desember 2019 mendatang.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan jika ponselmu ternyata masuk dalam daftar di atas. pertama adalah upgrade sistem operasinya ke jenis yang mendukung whatsapp, pada beberapa ponsel hal itu bisa dilakukan dengan bantuan operator, atau aplikasi yang ada di internet, tapi resikonya tentu ada, yaitu kecepatan ponsel jadi berkurang bahkan tak jarang menjadikan ponsel rusak permanen.

Cara kedua tentunya dengan membeli ponsel yang mendukung whatsapp apalagi untuk kamu yang banyak memanfaatkan aplikasi ini untuk menunjang pekerjaan. Jika anggaran tidak mencukupi tentu bisa melakukan sistem tukar tambah dengan ponsel lamamu, tapi pastikan terlebih dahulu kalau ponsel yang akan kamu beli bisa menjalankan aplikasi whatsapp dengan baik.

Keputusan Whatsapp untuk membatasi penggunaannya pada berbagai sistem operasi memang sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Tapi tetap saja hal itu akan sangat banyak merugikan pengguna ponsel. Sekarang pertanyaannya, apakah ponselmu masuk dalam salah satu korban penghentian layanan aplikasi tersebut? cek sekarang dan cari segera solusinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *