4 Desain Pintu Unik yang Belum Banyak Digunakan!

Pintu tak ubahnya gerbang yang menghubungkan lingkungan luar dengan situasi di dalam bangunan. Dengan memainkan peran safety, pintu didesain dengan fasad yang kokoh. Di samping itu, pintu juga bagian dari konstruksi yang selalu dilihat pertama kali. Untuk itu kehadiran pintu semestinya dibuat pula dengan bentuk yang indah sehingga mampu memberikan nilai estetis. Poin inilah yang kerap kali terlewatkan dalam pertimbangan sebelum membangun konstruksi. Baik konstruksi berupa bangunan komersil maupun bangunan pribadi. Sehingga tidak heran lagi kalau setiap kali melihat pintu-pintu rumah yang ada akan kamu temukan desain yang nyaris mirip. Mulai dari bentuk, warna sampai ke materialnya. Misalnya pintu berbahan kayu dengan satu panel sebagai pintu utama rumah atau pun folding door aluminium pada garasi.

Desain-Pintu-Unik

4 Desain Pintu Unik

Membawa inovasi baru dengan bermain menggunakan desain pintu, maka kamu bisa memperlihatkan bahwa pintu tidak hanya sekadar pembatas antara lingkungan luar konstruksi dengan bagian dalamnya. Meski dengan material yang sama atau pun cara operasional yang sama seperti sliding door atau pun floding door, desain-desain berikut ini dijamin bisa membawa suasana baru serta unsur fungsionalnya yang lebih bisa kamu rasakan. Untuk memberikan kamu insigth mengenai desain pintu yang unik, berikut telah kami rangkumkan lima desain pintu unik yang belum banyak digunakan. Simak ulasannya selengkapnya berikut ini.

1. Pintu dengan Keseragaman Struktur dan Warna

Seringnya kita menemukan pintu dengan struktur material serta warna yang berbeda dengan fasadnya. Sebagai contoh dengan fasad semen dan bata sementara pintu dibuat dari material kayu. Tentunya desain seperti ini membuat kamu lebih mudah untuk menemukan pintunya. Namun pernahkah kamu mengitari bangunan hanya karena tidak menemukan pintu? Jangan menyerah dulu, ya. Bangunan yang sudah membuat kamu kebingungan pasti menggunakan pintu dengan struktur dan warna yang seragam dengan fasadnya. Alih-alih membuat kesal, pintu dengan desain unik seperti ini justru dibuat untuk dinikmati nilai artistiknya. Desain pintu yang demikian sangat cocok digunakan untuk rumah bergaya modern dengan warna-warna dalam dan mengkilap. Bisa juga digunakan untuk rumah bergaya alami dengan menggunakan warna-warna alam seperti cokelat dan cokelat muda. Cara kerjanya kamu dapat membuka dengan cara didorong, digeser atau pun dalam bentuk folding door.

2. Pintu Geometris

Pintu-Geometris
Bukan hanya bentuknya yang geometris, dengan menggunakan konsep yang hampir sama dengan folding door pintu yang satu ini juga mengandalkan pergerakan dengan bentuk geometri yang keren. Dibuat tidak hanya dengan pertimbangan fungsional, pintu jenis ini adalah bukti bahwa unsur artistik dan science bisa menjadi paduan yang keren.

3. Ruang Tersembunyi di Balik Cermin

Bayangkan kamu memiliki ruang rahasia seperti di film-film detektif kesukaanmu. Tidak hanya ada di film, kamu bisa mewujudkannya dengan menggunakan pintu cermin. Cara ini cocok sekali kamu terapkan untuk walk in closet. Dengan membuat pintu dari material kaca, seolah cermin yang kamu tempel di dinding hanya sekadar cermin. Padahal kalau dibuka, akan kamu temukan ruangan di baliknya.

Baca juga: Ingin Punya Rumah Kekinian, Bangun Rumah Dengan Konsep Modern

4. Mirip Movable Partition, Ini Uniknya Pintu Jaring

Movable-Partition
Punya ruangan yang rentan berantakan? Tidak masalah. Kamu bisa mengakalinya dengan pintu jaring seperti di atas. Selain mampu membagi ruangan, keadaan di baliknya pun dapat tersamarkan. Bentuknya yang unik mampu menambahkan nilai estetik. Bisa juga kamu aplikasikan pintu kayu jaring dalam model folding door untuk menghemat ruang gerak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *