Ini Dia Tips untuk Traveling ke Berbagai Tempat Terpencil

Bagi para pecinta traveling, kegiatan menjelajah tempat yang baru merupakan hal yang biasa. Mereka tidak takut menjelajah tempat yang baru, mengunjungi tempat-tempat terpencil yang ada di pedalaman sekalipun, hingga mendaki ketinggian gunung yang seringkali membahayakan.

Namun bagi mereka, pengalaman pergi ke tempat baru mampu menambah wawasan dan pengalaman. Para pecinta traveling juga akan mendapatkan kepuasan tersendiri serta merasa beban hidupnya berkurang ketika berhasil menjamah tempat baru.

Ada berbagai tips dan kiat-kiat yang bisa berguna bagi anda para traveler yang suka mengunjungi tempat terpencil terutama di wilayah Indonesia. Kami akan membahas uraiannya pada artikel di bawah ini.

Ini Dia Tips untuk Traveling ke Berbagai Tempat Terpencil

Berbagai Tips untuk Traveling Ke Tempat Terpencil

Mengunjungi destinasi traveling di tempat yang terpencil di Indoensia mungkin bukan pilihan yang bagus bagi anda yang memiliki pribadi mudah takut. Namun bukan berarti rasa takut tersebut tidak bisa diatasi. Kegiatan traveling ke tempat-tempat terpencil di Indonesia yang jauh dari permukiman penduduk bisa anda lakukan, asalkan memperhatikan poin penting seperti yang ada di bawah ini.

  1. Carilah informasi mengenai tempat yang dituju

Mengunjungi tempat terpencil bukanlah hal yang mudah. Terlebih tempat tersebut belum pernah anda kunjungi sebelumnya. Pasti akan ada halangan dan rintangan yang akan anda hadapi demi menuju kesana.

Orang yang melakukan persiapan matang pun belum tentu dapat menuju tempat itu dengan lancar. Sehingga menggali referensi dan informasi terkait tempat yang dituju menjadi langkah terbaik yang harus anda lakukan pertama kali.

  1. Catat semua fasilitas publik yang ada di sekitar lokasi

Medan menuju lokasi yang dituju tidak semua orang mengetahuinya. Berhubung yang anda hampiri adalah lokasi terpencil, mau tidak mau anda harus mandiri. Catatlah semua fasilitas publik yang ada di sekitar tempat tersebut. Bila perlu, print atau cetak peta petunjuk jalan yang ada di sekitar daerah itu.

Dengan perkembangan zaman yang semakin canggih maka kini saat melakukan perjalanan, anda dapat memanfaatkan peta online. Tentu hal tersebut akan sangat membantu dan praktis.

  1. Tentukan rute perjalanan

Anda harus mencari tahu sedetail mungkin rute perjalanan yang akan anda tempuh. Pilihlah rute yang paling aman, terlebih jika anda seorang wanita. Biasanya, rute teraman adalah rute-rute yang banyak dilewati oleh orang, rute yang memiliki titik pemberhentian transportasi umum, dan rute yang banyak melewati permukiman penduduk.

Akan lebih baik lagi jika rute yang anda lewati melewati pos-pos penjagaan ataupun kantor polisi agar anda bisa menuju kesana jika sewaktu-waktu membutuhkan bantuan.

  1. Jalinlah komunikasi dengan penduduk lokal

Bagi penduduk Indonesia, menjalin komunikasi kepada setiap wisatawan yang lewat adalah tindakan keramahan. Sebagai pendatang, anda tidak perlu malu untuk bertanya-tanya kepada para penduduk lokal.

Hal ini juga berguna jika sewaktu-waktu anda membutuhkan bantuan dari pihak yang terkait. Mereka juga tidak akan segan membantu para pendatang yang bersikap sopan kepada mereka.

  1. Lakukan persiapan barang yang matang

Menjadi seseorang traveler berarti anda harus siap sedia membawa segala barang yang sekiranya dibutuhkan di perjalanan. Bawalah barang-barang yang sangat penting untuk dibawa. Kalau bisa, belilah barang tersebut dalam ukuran yang kecil, dan berupa travel kit.

Dengan melakukan berbagai persiapan terkait perjalanan traveling ke tempat-tempat terpencil yang ada di Indonesia, anda akan mengalami perjalanan yang menyenangkan jika menggunakan sewa bus pariwisata jakarta. Selamat traveling dan terapkan berbagai tips di atas agar aman selama melakukan perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *