Sangat Mengesankan!! Ini Dia Kuliner Terkenal Labuan Bajo yang Akan Menggoyang Lidah

Kuliner Terkenal Labuan Bajo

Bagi Anda yang suka berburu kuliner tak ada salahnya mencoba menu – menu khas yang ada di Indonesia, salah satunya di Labuan Bajo. Kota ini terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan terkenal dengan destinasi wisatanya, seperti Goa Batu Cermin, Pulau Komodo, Pulau Rinca, Goa Rangko dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya. Selain berbagai macam destinasi wisata, ternyata Labuan Bajo juga terkenal akan sajian kulinernya. Mau tahu kuliner Labuan Bajo apa saja yang paling diminati oleh para wisatawan? Yuk langsung kepoin aja!

Jenis Kuliner Labuan Bajo yang Terkenal

Berwisata tak akan lengkap rasanya jika belum mencoba sajian khas dari tempat wisata yang dituju. Jika Anda berwisata ke NTT, wajib mencoba berbagai macam kuliner Labuan Bajo yang bisa menggoyang lidah seperti berikut ini.

Kuliner Nasi Bakar atau Kolo

Kuliner Terkenal Labuan Bajo

Labuan Bajo ternyata juga punya sajian nasi bakar seperti di daerah lainnya. Namum keistimewaan nasi bakar atau biasa dikenal dengan nama Kolo di Labuan Bajo adalah dari cara membuatnya yang memakai batang bambu sebagai tempat nasi dan dilengkapi dengan berbagai macam bumbu khas. Setelah itu, bambu dibakar diatas bara api dan siap disajikan hangat – hangat. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk membakar nasi sekitar 30 menit.

Kuliner Ikan Kuah Asam

Kuliner Terkenal Labuan Bajo

Ingin mencoba kuliner yang segar? Anda bisa mencoba sup Ikan Kuah Asam salah satu makanan khas Labuan Bajo. Sup yang bercitarasa gurih dan asam ini sangat cocok disantap hangat – hangat dan dibarengi dengan nasi. Rasa asam dari sup Ikan Kuah Asam berasal dari belimbing wuluh dan tomat hijau, warna kuahnya yang kuning bening bisa didapatkan dari racikan bumbu yang dicampur dengan kunir. Biasanya ikan yang sering dipakai dalam pembuatan kuliner Labuan Bajo ini adalah ikan jenis kakap.

Kuliner Tumisan

Kuliner Terkenal Labuan Bajo

Bagi sebagian orang masakan tumis mungkin sudah tidak asing lagi dan mudah untuk ditemui, seperti tumis kangkung. Di Labuan Bajo sendiri juga terkenal dengan makanan khasnya yaitu Tumisan Bunga Pepaya dengan rasa dominan pedas dan gurih. Untuk Anda yang senang sekali masakan tidak berkuah, bisa mencoba makanan Tumisan khas Labuan Bajo ini. Dijamin ketagihan! Apalagi jika disantap dengan nasi hangat.

Kuliner Olahan Seafood

Kuliner Terkenal Labuan Bajo

Di Indonesia bagian timur memang cukup terkenal dengan hasil tangkapan lautnya, salah satunya adalah NTT. Jika Anda penggemar sajian seafood, maka wajib coba kuliner Labuan Bajo seperti gurami asam manis, kepiting, lobster atau tongkol bakar. Anda bisa menikmatinya sambil bersantai dipinggir pantai bersama keluarga atau kerabat.

Simak Juga :  Makanan Khas Melayu Yang Nikmat dan Menggugah Selera

Kuliner Sambal Teri

Kuliner Terkenal Labuan Bajo

Salah satu kuliner khas Labuan Bajo lainnya adalah Sambal Teri. Kuliner yang satu ini mudah sekali didapatkan, karena hampir setiap rumah makan yang ada di Labuan Bajo menjajakannya. Untuk rasa sambal seperti sambal lainnya yang bercitarasa pedas, namun sambal khas Labuan Bajo ini dilengkapi dengan teri segar sehingga lebih lezat. Selain itu, sambal teri ini sangat enak dijadikan lauk pendamping nasi bakar atau kolo.

Yup, itulah beberapa kuliner Labuan Bajo yang wajib diburu ketika Anda berwisata ke NTT. Dengan mencoba berbagai macam masakan yang ada di Indonesia, membuat Anda menjadi tahu tentang keanekaragaman masakan nusantara yang menggugah selera. Sambil menikmati keindahan alam yang ada di Labuan Bajo, tidak ada salahnya memanjakan lidah dengan mencicipi kuliner khas Labuan Bajo, sehingga membuat liburan Anda menjadi semakin lengkap .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *