Mau Gunakan Lantai Kayu? Kenali Dulu Jenisnya

Jenis Kayu Untuk Lantai Rumah 

Lantai adalah salah satu bagian interior rumah yang menjadi aspek penting. Lantai yang melapisi lantai memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi penghuninya. Terdapat varian lantai yang beragam dari keramik hingga granit. Banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih jenis material untuk lantai. Diantaranya adalah lantai yang mudah dibersihkan dan nyaman dipijak. Salah satu material yang paling populer untuk mengakomodir hal tersebut adalah lantai kayu.

Berbagai Jenis Kayu Untuk Lantai Rumah 

Terdapat banyak alasan untuk melirik bahan kayu sebagai dasar material untuk lantai. Selain memberikan tampilan natural juga berkontribusi mendukung estetika ruangan sesuai dengan tema interiornya. Beberapa jenis bahan lantai kayu berikut memiliki kelebihan masing-masing yang memikat.

1. Lantai Kayu Solid

Bahan dasar kayu asli sesuai dengan guratan aslinya adalah ciri khas dari kayu ini. Lantai menjadi semakon natural dengan pola kayu solid yang sembarang dan tidak berulang. Oleh karena itu, jenis kayu ini paling cocok untuk lantai outdoor, tangga, decking,platform dan lain sebagainya. Proses pembuatannya yang tidak rumit membuat harga lantai kayu solid terjangkau dibandingkan jenis kayu lainnya.

2. Lantai Kayu Laminated

Kayu berpermukaan licin ini dikarenakan lapisan atasnya yang mengkilat. Sehingga lantai mudah dibersihkan. Jenis ini cukup nyaman diterapkan diruang tamu atau keluarga dikarenakan efeknya yang membuat lantai dingin dimalam hari dan hangat disiang hari.

3. Lantai Kayu Parket

Terdapat banyak pola yang ditawarkan oleh lantai kayu jenis ini. Hal ini dikarenakan pembuatannya yang berasal dari serbuk kayu yang dipress sesuai keinginan. Corak dan motifnya pun bisa lebih variatif. Harganya pun jauh dibawah harga lantai kayu Solid yang terbuat dari kayu asli.

4. Lantai Kayu Verneer

Perpaduan antara kayu solid dan kayu laminated ini menjadikan lantai dengan motif natural yang bisa diterapkan dimana saja. Bahan pelapisnya pun berfungsi untuk melindungi kayu dan juga memberikan tampilan elegan.

Seharusnya memilih lantai kayu tidak sesulit yang orang kira. Cukup berfokus pada efek yang diinginkan dari lantai kayu yang akan diterapkan. Apakah harga terjangkau, pola yang natural atau lantai yang mudah untuk dibersihkan. Akan ada jenis lantai kayu yang cocok dengan spesifikasi pemilik hunian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar