Sering Kekurangan Ide? Ini Cara Mengembangkan Ide Inspiratif

Kreativitas melalui ide-ide unik sangat penting untuk semua orang dalam berbagai bidang, baik pekerjaan, rumah tangga, edukasi, dan lain-lain. Akan tetapi, tidak semua orang mampu untuk membuat ide-ide unik dan inspiratif. Itulah mengapa, saat ini terdapat berbagai jenis profesi yang secara khusus ditugaskan untuk membuat ide-ide kreatif seperti jasa tulisanjaya.com , Creative Team di industry per-televisian, Business Innovation Departement, desainer, dan masih banyak lagi.

Ini Cara Mengembangkan Ide Inspiratif

Namun faktanya, membuat ide kreatif, unik, dan inspiratif tidaklah sulit. Yang menjadi penghalang adalah bagaimana kita membangun kebiasaan agar mampu berpikir secara kreatif dan inovatif. Seberapa kuat kita berusaha untuk menumbuhkan kebiasaan itu akan sangat berdampak pada kualitas dari ide-ide kita di masa depan. Ini bukan upaya yang bisa kamu dapatkan dalam sekejap, tapi sebuah komitmen yang harus kamu lakukan, lho. Nah, berikut ini 3 cara agar kamu bisa mengembangkan ide-ide kamu!

Cari Pertanyaan

Untuk memiliki ide, kamu harus memiliki pertanyaan terhadap suatu masalah atau kondisi yang ingin diselesaikan. Semakin banyak pertanyaan yang kamu buat, semakin banyak gagasan baru muncul di pikiranmu. Dengan pertanyaan, kamu juga bisa memfokuskan pikiran untuk mencari solusi sehingga ide-ide baru bisa muncul, lho!

Cari Waktu yang Tepat

Kalau kamu merasa kesulitan untuk membuat ide-ide kreatif atau unik, jangan dipaksakan. Kamu nggak harus meditasi berjam-jam hanya untuk memikirkan ide-ide baru. Carilah waktu ternyaman untukmu sehingga brainstorming bisa kamu lakukan dengan mudah. Ada orang yang memiliki waktu produktif di malam hari ada pula di pagi hari. Ketahui dan bekerjalah pada saat waktu produktifmu maka ide-ide akan muncul dengan sendirinya.

Berpikir Secara Makro

Selain dua acara di atas, cara paling mudah yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan memikirkan hal-hal yang kita temui secara makro. Contohnya adalah ketika kamu melihat iklan di TV, sosial media, atau jalan raya yang biasanya dibuat menggunakan jasa copywriting. Selain membaca pesan dan promosinya, kamu juga harus memikirkan bagaimana cara mereka membuatmu membaca iklan-iklan tersebut. Dengan pola pikir seperti itu, kamu akan menemukan banyak referensi untuk memiliki dan mengembangkan ide-ide kreatif.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan ide-ide secara kreatif dan inovatif. Mulailah mencari pertanyaan, menentukan waktu produktifmu, dan bepikir secara makro sehingga kamu bisa melihat situasi lebih luas. Dengan melakukan hal-hal tersebut, ide-ide baru pasti akan muncul dan membantu aktivitasmu sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *