Tanaman Binahong, Merambat Penuh Khasiat

Mungkin Anda akan merasa asing ketika mendengar tanaman Binahong. Tanaman yang konon berasal dari Korea ini ternyata memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Di beberapa belahan negara Asia, daun Binahong dijadikan sebagai obat herbal yang ampuh mengatasi berbagai macam penyakit.

Tanaman Binahong, Merambat Penuh Khasiat

Karakteristik Tanaman Binahong

Tanaman Binahong biasanya tumbuh merambat di pekarangan rumah. Jika dilihat sekilas, tanaman ini tampak mirip dengan daun sirih, terutama bagian akar dan daunnya. Secara umum, Binahong adalah tumbuhan yang menjalar, memiliki daun tunggal berbentuk hati dan berbatang lunak. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis Binahong yang bisa tumbuh subur yaitu Binahong berwarna merah dan hijau kegelapan. Supaya lebih mudah mengenalnya, berikut kami lampirkan foto tanaman Binahong.

Manfaat Tanaman Binahong

Tanaman Binahong memiliki beragam manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang menanam Binahong di pekarangan rumahnya, tidak hanya untuk hiasan tetapi juga sebagai obat herbal terutama bagian daunnya.

1. Obat Penyakit Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Elin Yulinah, Guru Besar di Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung menyatakan bahwa daun Binahong mengandung konsentrasi anti oksidan yang tinggi. Dari hasil penelitian itulah dapat disimpulkan tanaman ini dapat membantu penyembuhan penderita kanker. Untuk mendapatkan khasiatnya, dapat dilakukan dengan cara merebus daun Binahong sebanyak 30 gram yang dididihkan dalam 1 liter air. Minumlah rebusan air daun Binahong tersebut tiga kali sehari secara teratur. Selain itu, penderita kanker bisa memakannya langsung dengan takaran yang tidak berlebihan yaitu sekitar 5-10 helai sekali makan.

2.  Obat Penyakit Maag

Penyakit yang satu ini mungkin pernah dialami oleh hampir seluruh penduduk Indonesia, khususnya kalangan mahasiswa yang sering mengabaikan kesehatan lambung. Jika penyakit maag sudah menyerang, daun Binahong dapat menertralisirkan asam lambung. Dengan cara yang sama, Anda cukup merebus 5-7 lembar daun Binahong dengan 3 gelas air mendidih.

3. Obat Luka

Manfaat yang satu ini adalah manfaat paling populer dari daun Binahong. Beberapa kandungan senyawa di dalamnya memang terbukti dapat menyembuhkan luka. Pertama adalah senyawa saponin, biasanya terdapat pada permukaan daun. Dengan melarutkan atau mencairkan senyawa ini akan memberikan hasil sebagai zat pelindung tubuh anti bakteri. Selain itu, saponin juga akan membentuk kolagen yang bermanfaat untuk pembentukan protein penyembuhan luka.

Baca Juga :  Ini Loh Berbagai Khasiat Daun Cincau untuk Tubuh

Kedua adalah asam askorbat. Senyawa ini sangat berguna untuk penyembuhan luka bakar. Seperti yang kita ketahui, jika sebuah luka bakar tidak ditangani dengan cepat, maka kemungkinan akan terjadi infeksi. Disinilah asam askorbat berperan dimana ia akan mempercepat penutupan luka bakar sehingga mencegah terjadinya infeksi. Cara penggunaannya bisa dengan menumbuk daun binahong sesuai dengan kebutuhan, kemudian oleskan ke bagian-bagian kulit yang terkena luka bakar setiap hari secara teratur.

4. Melancarkan Haid

Bagi sebagian wanita, haid merupakan bagian dari siklus tubuh yang sangat diperhatikan. Tidak lancarnya menstruasi bisa menjadi masalah tersendiri karena bisa jadi terdapat kelainan dalam tubuh. Dengan merebus 3 helai daun Binahong dengan air mendidih sebanyak 2 gelas, haid bisa kembali lancar. Minumlah rebusan air tersebut setiap hari secara teratur

Nah itu dia beberapa manfaat dari tanaman Binahong. Walaupun sering ditemukan di pekarangan rumah, namun masih sedikit yang menyadari akan segudang manfaat yang terkandung di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *