Tertarik dengan Dunia Percetakan? Yuk Belajar Basic Printing Terlebih Dahulu!

Jaman sekarang media cetak menjadi satu – satunya sumber informasi setelah media penyiaran. Dunia percetakan sekarang banyak diminati kalangan muda untuk dijadikan bisnis yang menjanjikan.

Untuk itu kamu perlu mempelajari dunia percetakan, karena modal nekat saja tak bisa membuatmu lancar di dalam bisnis percetakan. Tak hanya budget, teknik – teknik dasar juga harus kamu pelajari.

Buat kamu yang pemula, mari pelajari lebih dalam dunia percetakan, mulai dari basic ( dasarnya) ! paling tidak kamu akan mengerti proses mencetak secara keseluruhan, digital printing maupun cetak offset.

Cara Belajar Basic Printing

Jadi mari kita belajar basic printing, hanya belajar dan bukan tutorial membuat. Pertama – tama hal yang harus kita lakukan adalah mengerti apa yang dilakukan pada dunia percetakan. Misalnya mencetak file/gambar atau sekumpulan informasi dengan mesin cetak offset atau printer, warujayaprinting akan jelaskan pengertian dasarnya.

Selanjutnya adapula bagian dasar awal, antara lain :

  1. Teknik Mencetak dan Kerja Mesin Pencetak

Teknik mencetak pada sebuah mesin pastilah berbeda – beda, kamu harus tau teknik – teknik yang akan digunakan berdasarkan pada bahan dasar yang akan kamu cetak di mesin cetak, jangan sampai bahan dasar plastik tapi dicetak menggunakan mesin printer.

  1. Warna dan Kualitas pada Produksi Printing

Warna dan kualitas juga menjadi tolak ukur utama pada suatu keberhasilan ketika mempelajari dasar – dasar printing percetakan. Ada standar tersendiri untuk menentukan suatu kualitas warna ketika di produksi.

  1. Alur dan Proses Kerja Printing

Alur dan proses kerja juga harus di perhatikan dan urut sesuai alur kerja yang sudah ditetapkan seperti membuat sebuah rancangan (mendesain), mengembangkan desain, menentukan warna dan kontras yang akan dihasilkan, menentukan sebuah media (bahan yang cocok) pada sebuah hasil cetak.

  1. Bahan – Bahan yang Digunakan Untuk Mencetak

Bahan – bahan yang digunakan untuk mencetak haruslah sesuai, ketika seseorang ingin membuat gambar di atas sebuah plastik, maka bahan yang digunakan adalah sebuah plastik yang khusus dan bisa dicetak secara langsung atau jika ingin membuat kartu nama, seseorang akan mencetaknya dengan kertas

  1. Tahap Akhir

Cetak dan mencetak sendiri adalah bagian utama dari desain grafis, di mana sebuah file sudah melalui tahap perkembangan teknis yang siap untuk di cetak pada mesin cetak atau printer.

Nah, dengan mengerti dasar percetakan ini, kamu jadi diuntungkan dan lebih paham bukan? Keuntungan apa saja sih yang akan kamu dapatkan dengan mau mengerti dan tau dasar – dasarnya?

  1. Di hari pertama, waktu produksi percetakanmu akan lebih cepat walau baru dasarnya saja kamu mengerti dan memakai beberapa karyawan yang dapat dihitung dengan jari
  2. Bisa memanage dan membatasi waktu, karena keterbatasan pengetahuan tentang dunia percetakan, dan perlu di olah lagi dan menambah wawasan luas yang lebih tentang percetakan atau printing.
  3. Menghitung pengeluaran dan pemasukan yang digunakan produksi lebih tertata dan efisien dengan diketahuinya bahan – bahan yang di perlukan, serta berapa harga jenis tinta yang akan digunakan .

Nah itulah pelajaran dasar dari percetakan jaman sekarang atau yang kita sebut dengan digital printing, dengan adanya artikel pembelajaran dasar ini, kamu diharapkan untuk memulai usahamu dengan seimbang dan sepahamnya tentang pengolahan warna, menentukan media yang cocok dan juga mengolah file agar menjadi file yang sempurna ketika di cetak langsung kedalam mesin cetak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *