Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Biasa kita dengar atau kita lihat bahkan sudah menjadi budaya bahwa orang yang miskin itu cenderung kepada kebodohan dan kebodohan itu cenderung kepada kriminalitas. Hal ini mungkin bisa kita anggap sesuatu yang lumrah, karena orang yang miskin itu biasanya kurang mendapatkan pendidikan sehingga dengan hal itulah mereka menjadi orang yang bodoh dalam pendidikan, akhirnya tidak tahu mana yangbenar danmana yang salah sehingga menganggap semua hal adalah baik-baik saja. bahkan, tindakan kriminalitas menjadi hal yang tidak terpikirkan bahwa itu adalahhal yang salah.

akan tetapi hal itu tidak sepenuhnya benar.  karena pendidikan ternyata tidak sepenuhnya menggunakan uang sebagai sarana mendapatkannya. kita bisa mendapatkan pendidikan dengan jalan apa saja. Bahkan, dilingkungan sekitar kita banyak sekali hal yang bisa didapatkan sebagai pelajaran untuk kita semua.

beberapa hari kemarin. salah seorang teman saya yang sedang sangat membutuhkan pekerjaan, mendaftar bekerja pada salah satu PT yang bergerak di bidang general trading dll. PT itu adalah PT Mitra Utama Global. Akan tetapi pada saat proses pendafataran itu langsung wawancara dan para pelamar diharuskan membayar sejumlah uang sebagai ganti tes tertulis dan lain-lain. Teman saya tersebut sudah membayar DP Rp. 100.ooo,00. Tapi karena kecurigaan terhadap PT tersebut, akhirnya dia mengecek lewat internet. Hasilnya adalah banyak sekali orang yang kecewa terhadap PT tersebut. Akhirnya teman saya juga merasakan hal yang sama seperti yang lain.

Pelajaran yang sangat berharga dari sebuah kejadian. memang benar pepatah yang mengatakan bahwa Pengalaman adalah guru yang terbaik. dengan pengalaman itulah teman saya dan semua orang belajar untuk hanya melakukan kesalahan seklai saja. bang Haji Rhoma Irama juga mengatakan dalam salah satu lagunya “Kehilangan Tongkat” yaitu, cukup satu kali kehilangan tongkat.

Belajar dari apa saja, jangan pernah berhenti belajar. belajar juga bukan hanya untuk mencari gelar, karena itu hanya hal yang biasa. Banyak orang yang hanya mengejar gelar tapi tidak mendapatkan apa-apa. Sudah saatnya kita mencari ilmu agar ilmu itu bermanfaat dan seklaigus mendapatkan gelar kan…. jangan lupa hanya diniatkan untuk Allah saja…..

Categories: dakwah, miskin, pendidikan

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Award Spesial di Muh

Waktu kecil dulu dapet cerita oleh masyarakat sekitar di desaku ...

Serakah, salah satu

Suatu ketika ada tiga hewan yang sedang diberi tawaran oleh ...

Hari Ibu : Bakul Jam

Seorang bakul Jamu di Pasar gamping sedang melayani teman saya ...

Blackberry Gemini 85

UMYblogcontest yang diadain oleh UMY memberikan hadiah ketiga berupa Blackberry ...

Membuat Blog Tanpa K

Membuat Blog tanpa Koneksi InternetView more presentations from Choirul Huda.