Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Tak Selamanya Diam itu EMAS

Posted by choirul huda 7 Comments

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka berkatalah yang baik atau DIAM”

Hadits Rasulullah SAW tersebut menasehati umat Islam agar menjaga lisan. Lisan dalam pepatah Arab diibaratkan dengan pedang, jika kita bisa mengendalikan lidah maka kita akan selamat, namun jika kita tidak bisa mengendalikan lidah kita maka akan membahayakan kita sendiri. Dalam pepatah jawa juga menyebutkan bahwa lidah adalah unsur yang menetukan harga diri dari seseorang. Karena apa yang kita ucapkan adalah apa yang keluar dari dalam diri kita, seperti yang dikatakan oleh Aa Gym bahwa apa yang keluar dari teko adalah yang ada didalamnya.

Sebagai manusia, kita disuruh untuk berkata-kata dengan perkataan yang baik karena orang lain akan menilai kita dari apa yang kita ucapkan. Jika kita memang tidak bisa mengatakan hal yang baik maka lebih baik diam saja. Karena diam itu lebih selamat daripada kita mengucapkan hal yang salah, karena perkataan yang salah akan membahayakan. Apalagi jika yang diucapkan adalah masalah agama, maka kesalahan akan memberikan dampak yang fatal baik di dunia maupun di akherat.
Walaupun kita terbiasa mendengar bahwa diam itu emas tapi kenyataannya berkata lain. Ternyata tidak selamanya diam itu berarti emas. Karena jika kita membiarkan hal yang salah itu artinya kita sudah membiarkan perbuatan dosa. Dan ketika perbuatan dosa kita biarkan saja tanpa diberitahu maka bisa saja perbuatan dosa tersebut akan bertambah. Makanya kita tidak boleh mendiamkan saja.

Categories: dakwah, islam, pendidikan

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Membuat Blog Tanpa K

Membuat Blog tanpa Koneksi InternetView more presentations from Choirul Huda.

Manfaat UMYCommunity

Sebelum adanya blog untuk mahasiswa ini sebenarnya mahasiswa sudah diberi ...

Masjid Ahmad Dahlan,

Melanjutkan cerita saya soal masjid Ahmad Dahlan di Kompleks Kampus ...

Hujan Ilmu di Pasar

Pengajian Sarasehan Sregep Ngeling-ngeling (Pasar  Srengenge) episode ke -26 dengan ...

Menulis Judul

Suatu kali aku mendapatkan kuliah tentang penulisan berita. Setelah dosen ...