Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas

Keringat yang mengucur dari tubuh kuli batu itu menunjukkan bahwa mereka bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Hidup selama berbulan-bulan di perantauan demi susu yang harus diberikan kepada bayinya yang masih kecil di rumah. Walaupun sudah bekerja lama dia tetap menjadi kuli bangunan saja. Para pahlawan devisa negara seperti Sumiyati rela merantau ke luar negeri untuk memberikan yang terbaik bagi keluarganya. Sampai bibirnya hilang gara-gara dipukuli oleh majikannya sendiri. Kerja keras yang mereka kerjakan itu memberikan hasil yang tidak maksimal, memang biasanya orang yang berpenghasilan rendah itu harus bekerja kasar dan keras.

Dikisahkan suatu kali seseorang keluar dari bangku sekolah karena tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Kemudian dia memutuskan untuk bekerja sebagai kuli bangunan. Awalnya dia hanya bekerja sebagai pembantu tukang, karena sudah terbiasa mengamati tukangnya akhirnya dia belajar dan menjadi tukang. Kebiasaan menjadi tukang pun dia tekuni, sampai akhirnya dia memutuskan membawa orang-orang dari desanya untuk bekerja bersama dia. Mandor, akhirnya prestasinya naik seiring perjuangan yang dia lakukan. Akhirnya dia menjadi kontraktor besar hasil dari belajar di lapangan tersebut. Karena dia berprinsip bahwa belajar tak harus di bangku sekolah.

TKI di Hongkong memiliki nasib berbeda dengan TKI-TKI lain yang bekerja di Malaysia atau Arab Saudi. Mereka diberikan jatah libur seminggu sekali, biasanya digunakan untuk berkumpul di Victoria Park. Mereka bercengkrama dengan warga-warga Indonesia lain yang ada disana. Masyarakat Hongkong juga sadar hukum, para TKI tak perlu takut untuk bekerja disana. Gaji yang diberikan juga lebih banyak dari Malaysia atau Arab Saudi.

Orang yang bekerja kasar biasanya mendapatkan gaji yang rendah. Karena gaji yang rendah itu akhirnya dia tidak bekerja secara maksimal. Hasil yang didapatkan akhirnya itu-itu saja. Orang harus bekerja keras untuk mendapatkan gaji yang lebih, dengan kesadaran bahwa dia bekerja untuk kebaikan dirinya. Ikhlas bekerja membuat dia beranjak naik pangkatnya.

Categories: dakwah

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Membuat Blog Tanpa K

Membuat Blog tanpa Koneksi InternetView more presentations from Choirul Huda.

Manfaat UMYCommunity

Sebelum adanya blog untuk mahasiswa ini sebenarnya mahasiswa sudah diberi ...

Masjid Ahmad Dahlan,

Melanjutkan cerita saya soal masjid Ahmad Dahlan di Kompleks Kampus ...

Hujan Ilmu di Pasar

Pengajian Sarasehan Sregep Ngeling-ngeling (PasarĀ  Srengenge) episode ke -26 dengan ...

Menulis Judul

Suatu kali aku mendapatkan kuliah tentang penulisan berita. Setelah dosen ...