Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Islam Itu Saudara

Posted by choirul huda 2,602 Comments

Bismillahirrohmanirrohiim…..

“Pernah suatu kali ada serombongan kelompok Islam yang lewat di jalan raya kemudian menyuruh pengguna jalan yang lain minggir seolah-olah mereka berhak menggunakan jalan itu secara bebas, padahal pengguna jalan semuanya memiliki hak untuk mengunakan jalan tersebut?”

Suatu kali ketika diskusi di kelas pada saat kuliah salah seorang teman saya mengajukan pertanyaan kepada teman yang bertugas presentasi. Dia memiliki pendapat bahwa ke Islam an seseorang tidak boleh dinilai dari apa yang TAMPAK saja. Karena keyakinan itu hanya seseorang dan Tuhannya yang tahu, sedangkan orang lain hanya melihat apa yang ada diluar, sehingga penilaian seseorang tidak bisa dijadikan tolok ukur apakah seseorang sudah ber Islam dengan baik atau belum.

Permasalahan ini terjadi pada kelompok-kelompok Islam yang menganggap bahwa kelompoknya itu lebih sempurna dibanding yang lain. Islam dikotak-kotakkan atas dasar ideologi kelompok tersebut. Akhirnya yang menjadi parameter bukan lagi Islam, tapi ideologi mereka. Jika kelompok lain memiliki pendapat yang berbeda, mereka tidak menerima dengan baik. Bahkan menyalahkan, padahal mereka memberikan dalil-dalil yang sama kuatnya.

Apakah kita belum pernah mendengar kisah Imam Ahmad yang datang ke Mesir kemudian beliau sholat subuh menggunakan qunut padahal waktu itu Imam Syafi’i sudah meninggal dunia, Imam Ahmad melakukan itu untuk menghormati pendapat Imam Syafi’i. Sungguh mulia sifat para ulama umat Islam, walaupun mereka memiliki pendapat yang berbeda tapi mereka menunjukkan sikap yang terhormat dengan menyadari perbedaan dan menghormati pendapat yang lain.

Categories: dakwah, islam

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Interaksi Dosen dan

Interaksi antara dosen dengan mahasiswa didalam kelas yang seharusnya menjadi ...

Tulisanku g mutu, ne

Tulisan saya hanya berasal dari sampah-sampah yang berserakan dijalan-jalan yang ...

Award Spesial di Muh

Waktu kecil dulu dapet cerita oleh masyarakat sekitar di desaku ...

Islam Itu Saudara

Bismillahirrohmanirrohiim..... “Pernah suatu kali ada serombongan kelompok Islam yang lewat di ...

Belajar Bersabar

Saya sudah stand by di depan netbook dari tadi pagi, ...