Ketika pengungsi bencana alam sudah mulai kembali ke desa masing-masing. Maka pada saat inilah sebenarnya mereka sangat membutuhkan dorongan untuk kembali mejalani hidup. Pada saat itulah mereka semakin mengalami guncangan jiwa karena harus memulai dari awal lagi, sedangkan para relawan sudah mulai merasakan kecapekan dan jelas harus kembali pada kerjaannya masing-masing. Akhirnya, biasanya pada saat ini akan dimanfaatkan oleh misionaris untuk menarik mereka keluar dari agama secara pelan-pelan.

Dengan memanfaatkan moment yang sangat menguntungkan itulah para misionaris menarik simpati agar korban bencana mau keluar dari agama Islam dan mengikuti agama mereka. Kondisi ketika mereka masih membutuhkan bantuan baik materi maupun psikis. Dengan modal yang besar para misionaris ini akhirnya bisa membantu mereka dengan tujuan tersembunyi dibaliknya.

Maka dari itulah para relawan jangan tergesa-gesa untuk meninggalkan mereka. Karena pertolongan mereka masih sangat dibutuhkan sampai benar-benar selesai. Relawan bencana adalah pahlawan sejati masa kini yang tak pernah lelah memberikan apa saja untuk korban bencana. Jangan pernah merasa lelah sampai Kondisi mereka benar-benar pulih. Tidak hanya harta benda saja yang pulih tapi juga akidah dalam diri mereka.