Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Nikah Muda, G salah?

Posted by choirul huda 1 Comment

Perjalanan kuliahnya terpaksa berhenti karena dia harus menikah dengan kekasih yang dicintainya. Awal cinta mereka bersemi ketika mereka kuliah di kampus yang sama. Sayang, kesalahan yang fatal dalam membina cinta dan kuliah menjadikan mereka terpaksa menikah dan meninggalkan dunia kampus. Sekarang mereka sudah memiliki dua buah hati, terkadang masih menggantungkan kedua orang tua mereka, dan parahnya suaminya tidak bekerja. Akhirnya kondisi istrinya kurus sampai aku sendiri tak tega melihat kehidupan rumah tangga mereka.

Ada sebuah guyonan jawa yang mengatakan bahwa “nikah itu enaknya Cuma lima persen aja, yang 95 persen… enaak tenan”. Mungkin teman saya dulu mengamalkan hal itu ketika dia memutuskan untuk nikah muda. Ya, nikah muda memang tidak ada salahnya, umur mereka dulu juga sudah memenuhi syarat untuk menjalin sebuah hubungan. Tapi, menikah seharusnya tidak hanya pelampiasan emosi saja, kata orang banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan ketika seseorang memutuskan untuk menikah.

Belajar dari pengalaman teman saya itu kadang membuat aku berpikir macam-macam ketika aku ditanyai kapan untuk menikah. Aku jadi takut jika aku nanti mengalami hal yang sama atau lebih parah dari mereka. yach akhirnya jawaban pastinya adalah bahwa sekarang aku masih kuliah dan kakakku juga kuliah, jadi masih aman dulu. Persoalan usia juga masih pantas untuk dikatakan sebagai seorang pemuda. Mempersiapkan diri untuk memulai hidup baru, tidak hanya sekedar menuruti emosi saja. Allah menjamin rizki semua makhluk yang telah diciptakan Nya, kenapa takut?

Categories: dakwah, keluarga, remaja

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Membuat Blog Tanpa K

Membuat Blog tanpa Koneksi InternetView more presentations from Choirul Huda.

Manfaat UMYCommunity

Sebelum adanya blog untuk mahasiswa ini sebenarnya mahasiswa sudah diberi ...

Masjid Ahmad Dahlan,

Melanjutkan cerita saya soal masjid Ahmad Dahlan di Kompleks Kampus ...

Hujan Ilmu di Pasar

Pengajian Sarasehan Sregep Ngeling-ngeling (Pasar  Srengenge) episode ke -26 dengan ...

Menulis Judul

Suatu kali aku mendapatkan kuliah tentang penulisan berita. Setelah dosen ...