Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Kerja sama Imam dan Makmum

Posted by choirul huda 41 Comments

“Luruskan dan rapatkan shaf, Hand Phone mohon untuk di non aktifkan”

Imam jamaah memberi aba-aba kepada makmum agar shalat jamaah bisa berlangsung dengan hikmat. Begitu kira-kira ketika iqamah sudah dikumandangkan kemudian shalat berjamaah akan dimulai. Agar sholat jamaah tidak terganggu biasanya imam memberi himbauan kepada makmum agar Hand phone untuk non aktifkan sewaktu sholat berjamaah. Akan tetapi hal ini ternyata terkadang tidak pernah dihiraukan oleh makmum, sehingga sewaktu sholat berjamaah berlangsung ada saja hand phone berdering, sehingga ketika jamaah yang lain konsentrasi (khusyu’) dalam sholat menjadi terganggu hanya gara-gara suara dering hand phone tersebut.

Lain lagi tingkah makmum yang saya temui ketika sholat berjamaah. Ketika sang imam sedang memberikan aba-aba tersebut, si makmum ini ternyata sedang sibuk mengamati sang imam, saya sebenarnya tidak kepikiran apa-apa. tapi ternyata setelah dia mengetahui siapa sebenarnya sang imam. dia malah mengeluh “HAH”. saya semakin menjadi heran. Ternyata (mungkin) setiap sholat jamaah dia mengamati siapa yang menjadi imam, karena memang setiap kali sholat jamaah imam tidak sama setiap hari. dan ternyata yang menjadi sebab makmum tersebut mengeluh adalah karena biasanya sang imam ini sholatnya cenderung lebih lama daripada imam-imam yang lain.

Hal ini menjadi hal menarik bagi saya karena ternyata lama sebentarnya imam memimpin sebuah jamaah sholat ternyata bisa mempengaruhi kondisi kekhusyu’an makmum. Mungkin hal lain juga bisa menjadi pengaruh, tapi hal ini sangat menarik untuk dipertimbangkan. Sebagai orang yang awam, mungkin saya juga mendapatkan pengaruh tersebut. Ini juga sebaiknya menjadikan pelajaran menarik bagi seseorang yang menjadi imam agar bisa lebih bisa mengetahui keadaan makmum.

Imam dan Makmum seharusnya bisa lebih bisa bekerja sama agar sholat menjadi lebih khusyu’……

Categories: dakwah

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Fenomena Tawuran Sup

Bismillahirrohmanirrohiim..... Tawuran suporter Persita tangerang dengan warga dipicu karena mereka ...

Hati-hati Ada Cacing

Proses penyembelihan hewan kurban berlangsung meriah karena warga satu RT ...

Crop Circle UFO Slem

Alam memberikan pemandangan yang selalu saja memanjakan mata manusia sekaligus ...

Usaha Maksimal Untuk

“ANDA PUAS, BERI TAHU TEMAN ANDA ANDA KURANG PUAS, BERI TAHU ...

Dokter Spesialis dia

Aku tersenyum-senyum sendiri dari kejauhan ketika melihat salah satu pasien ...