Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Berharganya Jok Bus Umum

Posted by choirul huda 66 Comments

Aku sampai di terminal penggaron sekitar pukul 15.00 WIB. Menenteng CPU rusakku, aku masuk ke bus dan duduk di salah satu jok, CPU kutaruh begitu saja dibawah jok itu. Kemudian bus berjalan pelan, karena di sebelah timur terminal ada sebuah pabrik konveksi, akhirnya karyawan dari pabrik tersebut naik menjejali bus. aku yang tadinya sudah menikmati istirahatku dari perjalanan dari Yogyakarta harus mengalah kepada mereka yang lebih membutuhkan istirahat. dari rona wajah mereka tampak begitu lelah mungkin karena harus bekerja seharian, konon mereka itu kerjanya klau berdiri ya berdiri seharian, kalau duduk ya duduk seharian, tak terbayangkan bagaimana rasanya.

Setelah satu persatu mereka turun, ternyata mbak-mbak yang tidak kebagian kursi langsung menuju kursi yang ditinggalkan. senyum dari wajahnya itu yang tak bisa membuat aku lupa, padahal hanya dengan mendapatkan jatah untuk menikmati duduk di jok bus umum. mungkin dengan duduk itulah rasa capek yang terkumpul seharian bisa agak reda. Rasa yang mungkin tak pernah kita pikirkan, karena bahagia itu menurut saya terletak pada rasa, bukan jumlah atau kuantitas.

Mungkin inilah potret Indonesia yang sosialnya sudah mulai luntur, yang empatinya mulai meleleh, yang simpatinya mulai runtuh dari jiwa-jiwa yang kemudian menjadi miskin sosial.

Sayang, masih banyak diantara penumpang bus umum yang masih seenaknya. Merokok diantara penumpang-penumpang wanita, atau tak mau lagi merelakan tempat duduknya untuk seorang ibu yang seharusnya lebih membutuhkan. Padahal aku sendiri paling tidak betah kalau ada orang yang merokok di bus umum. Semoga penumpang-penumpang seperti ini bisa sadar diri.

Pertama kali aku nge post artikel di malam hari. semoga bisa diambil manfaat.

Categories: kritik, miskin

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Fenomena Tawuran Sup

Bismillahirrohmanirrohiim..... Tawuran suporter Persita tangerang dengan warga dipicu karena mereka ...

Hati-hati Ada Cacing

Proses penyembelihan hewan kurban berlangsung meriah karena warga satu RT ...

Crop Circle UFO Slem

Alam memberikan pemandangan yang selalu saja memanjakan mata manusia sekaligus ...

Usaha Maksimal Untuk

“ANDA PUAS, BERI TAHU TEMAN ANDA ANDA KURANG PUAS, BERI TAHU ...

Dokter Spesialis dia

Aku tersenyum-senyum sendiri dari kejauhan ketika melihat salah satu pasien ...