Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Meniru Bukan Plagiat

Posted by choirul huda 3,146 Comments

Kalau saya mengingat kembali pada masa kecil saya, saya senang sekali ketika meniru adegan didalam tv. Waktu itu acara tv favorit saya adalah power rangers, dragon ballz, ksatria baja hitam, dll. Saya dan teman-teman saya senang sekali meniru adegan-adegan mereka tersebut. Seperti ketika power ranger berubah dari manusia biasa menjadi prajurit yang memiliki kekuatan super. BERUBAH….. itulah yang sering kami ucapkan ketika itu, selain itu ada hal lain juga yang kami tiru, pakaian, dll.

Ternyata kegiatan meniru itu sampai sekarang masih saya lakukan. salah satunya adalah ketika saya mengambil tulisan orang kemudian saya baca dan tulis kembali sesuai bahasa saya. Kalau kita lihat sekeliling kita maka akan banyak kita temui orang-orang, teman-teman, atau bahkan kita sendiri melakukan kegiatan meniru tersebut. Dari pakaian, lifestyle, dll bisa kita temui sebagai tiruan dari apa yang biasa kita lihat didalam televisi.

Sebenarnya kegiatan meniru itu tidak mungkin bisa kita hindarkan dari kehidupan kita. Ketika kita merekam lagu-lagu baru ke otak kita, kita mendapatkan perilaku baru dari idola kita kemudian kita tiru. Hal itu sudah kita lakukan mulai dari saat kita kecil hingga tumbuh dewasa sampai sekarang. Tapi yang penting adalah sebagai manusia yang berakal kita seharusnya menjadikan peniruan itu hanya meniru hal yang baik saja. Kita bisa memilah mana yang harus ditiru dan mana yang harus tidak ditiru.

Karena kebaikan itu tersebar dimana-mana dan kita bisa meniru kebaikan itu dengan mudah. Sudah saatnya kita kembali mengambil Al Qur’an sebagai sumber tiruan kita, akhlak Rasulullah sebagai sumber peniruan kita dan membaca buku-buku sejarah ulama sebagai bekal kita untuk ditiru.

Karena meniru itu bukan plagiat, meniru itu bukan copy paste, dan meniru itu wajar.

bagaimana ya rasanya malu sekali kalau sebuah tindakan plagiat diketahui oleh orang? silahkan klik gambarnya…

Categories: pendidikan, umy

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Fenomena Tawuran Sup

Bismillahirrohmanirrohiim..... Tawuran suporter Persita tangerang dengan warga dipicu karena mereka ...

Hati-hati Ada Cacing

Proses penyembelihan hewan kurban berlangsung meriah karena warga satu RT ...

Crop Circle UFO Slem

Alam memberikan pemandangan yang selalu saja memanjakan mata manusia sekaligus ...

Dokter Spesialis dia

Aku tersenyum-senyum sendiri dari kejauhan ketika melihat salah satu pasien ...

Usaha Maksimal Untuk

“ANDA PUAS, BERI TAHU TEMAN ANDA ANDA KURANG PUAS, BERI TAHU ...