Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Meramal di Penghujung Tahun

Posted by choirul huda 57 Comments

Sebelum Mama Laurent meninggal, biasanya beliau meramalkan hal-hal yang mungkin bisa terjadi selama satu tahun kedepan pada saat-saat menjelang tahun baru seperti ini. Seperti tahun lalu juga, beliau meramalkan bahwa pulau Jawa akan terbelah menjadi dua atau pulau Madura akan tenggelam. Tentunya tidak hanya Mama Laurent saja yang memberikan ramalan, Mama Laurent hanya salah satu dari sekian banyak peramal yang ada di Indonesia. Bahkan ketika Menjelang Mama Laurent meninggal dunia, beliau malah sudah mendapatkan firasat kalau di tahun 2010 itu beliau sudah tidak bisa melanjutkan hidupnya lagi.

Saya sendiri termasuk orang yang sangat tidak percaya dengan adanya ramalan seperti itu. Walaupun memang selama 2010 itu ada bencana tapi kan tidak sampai membelah Jawa, malah gara-gara terlalu nya infotainment dalam menyajikan informasi akhirnya ditutup karena terlalu meresahkan masyarakat. Namun ada yang saya sayangkan, biasanya para peramal ini meramalkan hal-hal buruk yang akan terjadi (ada hal baik juga). Nah, hal inilah yang akhirnya ada yang merasa cemas terhadap apa yang diramalkan itu, lihat saja jika anak kecil mendengar ramalan buruk itu bukankah mereka akan sangat cemas dan tentunya orang tuanya yang akhirnya cemas terhadap kecemasan sang anak tersebut.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah mengapa masih saja ada yang percaya dengan ramalan-ramalan peramal, padahal ramalan mereka itu belum tentu benar. Sangat saya sayangkan memang, masyarakat Indonesia yang seharusnya merupakan Muslim terbesar di dunia masih mempercayai hal klenik seperti ini. Saya berdoa semoga tahun-tahun mendatang hanya akan kebaikan saja, tidak ada bencana lagi, dan yang jelas Indonesia lebih aman dan tentram. Terlepas dari ramalan-ramalan tersebut.

Tulisan ini hanya pendapat saya saja, mohon jika ada yang tidak berkenan langsung saja dikoreksi. Dan saya harap tidak ada yang tersinggung. Eits… ada pertanyaan ne, dijawab ya..

  1. Apa anda percaya dengan ramalan?
  2. Menurut anda apakah Peramal juga meramal dirinya atau hanya meramal orang lain?
Categories: dakwah

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Membuat Blog Tanpa K

Membuat Blog tanpa Koneksi InternetView more presentations from Choirul Huda.

Manfaat UMYCommunity

Sebelum adanya blog untuk mahasiswa ini sebenarnya mahasiswa sudah diberi ...

Masjid Ahmad Dahlan,

Melanjutkan cerita saya soal masjid Ahmad Dahlan di Kompleks Kampus ...

Hujan Ilmu di Pasar

Pengajian Sarasehan Sregep Ngeling-ngeling (Pasar  Srengenge) episode ke -26 dengan ...

Menulis Judul

Suatu kali aku mendapatkan kuliah tentang penulisan berita. Setelah dosen ...