Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Bisa Membedakan

Posted by choirul huda 25 Comments
Aku baru tahu ternyata hal yang paling penting dalam hidup ini adalah bisa membedakan. Ya, kemarin waktu aku mengikuti pengajian di dusun Kersan, Kasihan, aku mendapatkan tausiyah bahwa yang terpenting dalam hidup ini adalah kita bisa membedakan. Membedakan mana melon dan mana anggur, membedakan mana pohon jambu dan mana pohon pepaya,  dan membedakan hal yang lain. Tentunya itu hanya contoh saja dan pengisi pengajian tentunya menginginkan bahwa seorang manusia bisa menyadari bahwa manusia harus bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
Ketika seseorang sudah bisa membedakan maka dia bisa memberikan keputusan tentang apa yang seharusnya dia lakukan. Kita ambil contoh sederhana saja, ketika seorang manusia sudah tahu bahwa tetap menghidupkan hape saat sholat bisa memberikan kemungkinan mengganggu kekhusukan jamaah karena bisa saja hapenya dihubungi oleh orang dan berbunyi. Saat itulah kita bisa mengambil kesimpulan bahwa orang yang bisa membedakan pasti akan lebih memilih menonaktifkan atau memilih untuk mengaktifkan silent profile agar ketika ada yang menghubungi tidak mengganggu jamaah lain. Mungkin ini adalah contoh yang bisa kita saksikan setiap hari, pengalaman sendiri juga.
Yang paling penting untuk diketahui adalah bahwa ternyata antara kebaikan dan kejelekan itu sudah sangat jelas perbedaannya. Ini juga dinyatakan oleh Allah SWT bahwa yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Dengan kejelasan inilah tentunya kita bisa mudah sekali untuk membedakan. Jika kita tidak ingin rugi tentunya kita harus memilih yang benar, yang baik, dan tentunya yang jelas kehalalannya. Bagi yang tidak bisa membedakan maka itu artinya sungguh terlalu. Karena sudah jelas ada petunjuk yang memberikan kita pengetahuan tentang perbedaan tersebut.
Semoga dengan tulisan ini kita bisa sadar bahwa ternyata sebagai seorang manusia kita dituntut untuk bisa membedakan. Membedakan mana yang baik dan mana yang benar, mana yang halal dan mana yang haram. Kemudian setelah bisa membedakan kita akan dituntut untuk memilih, memilih jalan mana yang akan kita ambil. Kembali kepada diri kita masing-masing, kita akan memilih yang benar atau yang salah. Karena dengan keputusan yang kita ambil tersebut kita bisa tahu apakah kita sudah bisa membedakan atau belum. Semoga bermanfaat.
Categories: dakwah

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Fenomena Tawuran Sup

Bismillahirrohmanirrohiim..... Tawuran suporter Persita tangerang dengan warga dipicu karena mereka ...

Hati-hati Ada Cacing

Proses penyembelihan hewan kurban berlangsung meriah karena warga satu RT ...

Crop Circle UFO Slem

Alam memberikan pemandangan yang selalu saja memanjakan mata manusia sekaligus ...

Usaha Maksimal Untuk

“ANDA PUAS, BERI TAHU TEMAN ANDA ANDA KURANG PUAS, BERI TAHU ...

Dokter Spesialis dia

Aku tersenyum-senyum sendiri dari kejauhan ketika melihat salah satu pasien ...