Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Aku tersenyum-senyum sendiri dari kejauhan ketika melihat salah satu pasien yang menurutku agak aneh. Pasien ini sudah lumayan mendingan jika dibandingkan dengan ibuku yang baru masuk kemaren malam. Tadi pagi, setelah diperiksa oleh dokter spesialis penyakit dalam, pasien ini dianjurkan untuk sekali lagi di cek gula darahnya karena memang gula darahnya masih belum stabil. Nah, caranya adalah dengan meminum segelas teh manis yang dikasih gula tiga sendok makan. Karena hasil cek sebelumnya mungkin gula darahnya sudah turun, jadi disuruh minum gula yang banyak dan akan dilihat bagaimana hasilnya.

“G usah aja” penunggu pasien sampingnya memberikan saran. Biar ntar hasilnya bisa bagus dan boleh pulang. Menurut saya saran ini adalah salah satu taktik agar hasil dari cek gula darahnya bisa baik dan pasien ini boleh rawat jalan alias pulang. Anehnya, ternyata pasien ini lebih mengikuti saran dari orang tersebut daripada perintah dari dokter spesialis penyakit dalam tersebut, heran aku. Mengapa dia bisa seberani itu memutuskan.

Setelah saya bercakap-cakap dengan adik saya, ternyata yang aneh bukan hanya pasien seperti itu saja. Masih banyak lagi keanehan yang bisa kita temui di rumah sakit ketika kita menjadi pasien atau penunggu pasien. Salah satu menurut penglihatan adikku adalah ada seorang pasien yang tidak meminum obat pemberian dari dokter, tapi malah membeli obt dari apotek diluar tanpa resep dokter, dan harganya mahal. Sungguh aneh menurut saya.

Yang terus menjadi pertanyaan saya adalah mengapa mereka-mereka itu berani sekali ya memutuskan hal seperti itu, padahal mereka berada pada tanggung jawab rumah sakit. Nah, apakah jika terjadi kesalahan apakah hal ini bisa dikatakan malpraktik dokter, karena mereka sepertinya melakukan hal itu sembunyi-sembunyi. Bukankah seharusnya sikap sebagai pasien itu menurut kata dokter saja karena dokter jelas lebih mengetahui. Heran ya, dokter spesialis aja diakali sama pasien.

Categories: sehat

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Fenomena Tawuran Sup

Bismillahirrohmanirrohiim..... Tawuran suporter Persita tangerang dengan warga dipicu karena mereka ...

Hati-hati Ada Cacing

Proses penyembelihan hewan kurban berlangsung meriah karena warga satu RT ...

Crop Circle UFO Slem

Alam memberikan pemandangan yang selalu saja memanjakan mata manusia sekaligus ...

Dokter Spesialis dia

Aku tersenyum-senyum sendiri dari kejauhan ketika melihat salah satu pasien ...

Usaha Maksimal Untuk

“ANDA PUAS, BERI TAHU TEMAN ANDA ANDA KURANG PUAS, BERI TAHU ...