Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Pengajian Sarasehan Sregep Ngeling-ngeling (Pasar  Srengenge) episode ke -26 dengan tema “Sholat Kita-Sholat rasulullah” diselenggarakan di rumah makan Gudeg Bu Lies 3. Pasar Srengenge ini juga diartikan sebagai Pasar yaitu tempat untuk bertukar yang diterjemahkan sebagai tempat untuk bertukar pikiran, bertukar ilmu. Sedangkan Srengenge sendiri adalah bahasa Jawa dari matahari yang merupakan sumber cahaya. Jadi Pasar Srengenge bisa dimaknakan sebagai tempat tukar menukar ilmu, cahaya, pencerahan.

Pasar Srengenge yang sudah berjalan sebulan sekali dan berjalan sudah lebih dari dua tahun ini diprakarsai oleh Ustadz Anant Air Mata Tahajud. Beliau adalah seorang mantan vokalis penyanyi kafe ketika beliau masih muda. Alhamdulillah sekarang beliau menjadi ustadz dan memprakarsai Sarasehan ini. Sekarang beliau sedang menggarap album ke dua yaiut Air Mata Masjid setelah album pertama Air Mata Tahajud sudah beliau rampungkan. Dalam Pasar Srengenge ini juga ada teman-teman muda beliau yang berprofesi tidak jauh dari dunia malam. Akan tetapi mereka sekarang sudah bertaubat dan menuntut ilmu melalui sarasehan ini.

Dalam Pasar Srengenge tadi malam merupakan Sarasehan yang sangat istimewa. Selain dipimpin langsung oleh ustadz Anant Air Mata Tahajud, juga dihadiri oleh

  1. Ustadz Harun Al Rasyid, beliau adalah pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah yang berada di Dusun Sumber Rejo, Karang Mojo, Wonosari, Gunung Kidul. Pondok Pesantren yang diasuh beliau ini sangat istimewa karena tidak membebankan biaya kepada santrinya alias gratis.
  2. Ustadz Puji Hartono, beliau adalah pengasuh Pesantren Masyarakat Jogja (PMJ), yang memiliki jamaah lebih dari 25.000. Subhanallah, ketika saya pernah menghadiri pengajian di rumah beliau, saya merasakan indah sekali, beliau bisa mengajak masyarakat di desanya untuk Dzikir Sosial.
  3. Ustadz Syakir Jamaluddin, beliau adalah Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LPPI UMY). Lulusan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta ini adalah peneliti Hadits. Alhamdulillah saya pernah diajar beliau ketika semester awal dulu pada mata kuliah Ulumul Hadits.

Selain keempat ustadz tersebut masih ada lagi dua ustadz yang sayangnya saya belum mengetahui secara jelas biografi mereka. Yaitu ustadz Muslih dan Ustadz Zainal Arifin. Subhanallah sekali Sarasehan berjalan dengan lancar dimulai pukul 20.00 WIB dan tidak terasa sampai pukul 23.15 waktu terasa sangat singkat sekali mendengar penjelasan dari para ustadz tersebut. Hal-hal yang selama ini menjadi perdebatan dalam hal sholat ditanggapi oleh para ustadz ini dengan menggunakan dalil yang jelas.

Semoga dengan adanya sarasehan seperti ini bisa memberikan wadah tersendiri bagi masyarakat yang masih haus dengan agama. Aamiin…..

Sepulang dari sarasehan saya mempersiapkan diri untuk tidur, tiba-tiba “GEMPAA…… MAS” teriakan salah seorang teman saya ini membuat semua penghuni kamar lari keluar rumah.

Categories: dakwah

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Fenomena Tawuran Sup

Bismillahirrohmanirrohiim..... Tawuran suporter Persita tangerang dengan warga dipicu karena mereka ...

Hati-hati Ada Cacing

Proses penyembelihan hewan kurban berlangsung meriah karena warga satu RT ...

Crop Circle UFO Slem

Alam memberikan pemandangan yang selalu saja memanjakan mata manusia sekaligus ...

Dokter Spesialis dia

Aku tersenyum-senyum sendiri dari kejauhan ketika melihat salah satu pasien ...

Usaha Maksimal Untuk

“ANDA PUAS, BERI TAHU TEMAN ANDA ANDA KURANG PUAS, BERI TAHU ...