Masjid merupakan tempat ibadah orang Islam yang masih saya dambakan menjadi tempat yang aman. bukan tempat yang menjadi pembicaraan bahwa banyak sandal hilang di masjid, bukan juga menjadi pembicaraan bahwa kotak amal yang ada di masjid itu sebuah barang yang layak untuk dicuri. Masjid masih menjadi idaman saya menjadi tempat yang teduh tanpa ada gangguan dari keduniaan. Tapi, terkadang kenyataan berkata lain, masih ada saja sandal yang hilang sewaktu sholat jum’at selesai, atau bahkan kotak amal yang masih sempat dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bahkan, beberapa minggu yang lalu, dua sajadah yang ada di masjid kami hilang tak tahu kemana.

Waktu itu saya sedang mempersiapkan diri untuk mengumandangkan adzan waktu sholat ashar (sayang saya harinya). Disamping mempersiapkan diri say ajuga mempersiapkan masjid yaitu membuka pintu dan menggelar sajadah untuk imam, tapi ternyata sajadah yang ada ditempat biasanya tidak ada. Padahal sajadah itu ada dua dan ternyata dua-duanya itu tidak ada, terpaksa imam sholat ashar tidak menggunakan sajadah. Saya hanya bisa berhusnudzon saja karena mungkin ada ibu-ibu samping yang mencuci sajadah tersebut. Tapi ternyata setelah sekian lama (kayak lama banget ya) ternyata sajadah tersebut tak kunjung kembali ke tempat semula. Dan akhirnya kesimpulan yang saya ambil adalah bahwa sajadah itu (mungkin) dicuri orang. Sungguh sangat memprihatinkan, kok ya sempat-sempatnya nyuri sajadah.

Sebelum sajadah itu hilang, sebelumnya juga pernah ada seorang jamaah yang sandalnya dicuri orang. Waktu itu kami sedang sholat jamaah maghrib, setelah sholat jamaah selesai, seperti biasa para jamaah masih duduk ditempatnya masing-masing untuk berdoa. Satu persatu para jamaah meninggalkan tempat sholat untuk pulang, tapi tiba-tiba ada seorang jamaah yang kehilangan sandalnya. Disusul kemudian ada seorang jamaah lagi yang sandalnya juga hilang… Akhirnya kami sebagai mahasiswa yang tinggal di masjid tidak bisa memberikan keterangan apa-apa kepada jamaah tersebut, kami pasrahkan ke takmir. Padahal takmir sudah menyediakan loker kepada jamaah untuk menyimpan barang berharga mereka, tetap saja ada yang kecurian.

Semoga kejadian yang menimpa masjid saya ini tidak terjadi pada masjid-masjid yang lain sehingga rasa aman ketika berada di masjid menjadi hal yang paling menentramkan hati agar ibadah di masjid bisa berjalan dengan khusyuk.

Semoga tulisan saya ini bermanfaat.