21 Ramadhan merupakan hari pertama di sepuluh hari terakhir Ramadhan, jika tahun ini Ramadhan hanya 29 hari maka Ramadhan kita tinggal 9 hari termasuk hari ini. Alhamdulillah selama Ramadhan ini saya diberikan kesehatan sehingga bisa melaksanakan puasa dengan lancar, bagaimana dengan sahabat semua? semoga juga diberikan kesehatan sehingga bisa melaksanakan puasa dengan lancar dan bisa memanfaatkan 9 hari terakhir ini dengan lebih optimal. aamiin…….

Yogyakarta merupakan kota yang saya sarankan jika anda ingin menikmati puasa. Apalagi jika kebetulan lagi mepet keuangannya. Ha ha. Mengapa, karena di Yogyakarta setiap hari ada buka puasa gratis di setiap masjid. Dulu ketika baru ke Yogyakarta saya juga heran karena beda sekali dengan di kampong halaman saya yang hanya menyediakan makanan untuk Tadarrus Al Qur’an saja yang lebih banyak dikenal dengan “jaburan”.  Dan karena saya di Yogyakarta tinggal di masjid, maka otomatis saya kebagian sebagai pembagi makanan tersebut kepada masyarakat yang ingin berbuka puasa. Jadi, kegiatan menunggu buka puasa Insya Allah sangat bermanfaat karena diisi dengan pengajian.

Ternyata tinggal di masjid itu menurut saya sangat banyak manfaatnya. Jadi kalau bisa saya menyarankan kepada sahabat semua, atau yang ingin membeli tanah, atau yang ingin membangun rumah, usahakan saja dekat dengan masjid. Karena pengalaman saya ketika tinggal di masjid itu ternyata bukan saya yang menjaga masjid untuk membersihkan, adzan, sholat berjamaah, dll. Tapi ternyata masjid itulah yang selalu menjaga saya agar selalu memperbaiki, muhasabah, dan tentunya menambah keistiqomahan.  Apalagi ketika Ramadhan, subhanallah.. semakin diri kita dekat dengan masjid, maka Insya Allah kualitas ibadah kita akan bertambah.

Beberapa hari yang lalu aku memutuskan untuk pulang ke kampung halaman. Beda sekali rasanya dengan ketika di Yogyakarta, kalau disana setiap hari mempersiapkan masjid untuk taraweh, subuh, disini bantu-bantunya dikit saja. Eits, ada yang sama ternyata. Yang sholat tarweh, yang tadarrus Al Qur’an sama saja sedikitnya. Hhmm……

Okelah itu saja, saya tidak bisa menulis panjang lebar. Saya hanya ingin memberikan sedikit dorongan saja kepada saya dan kita semua agar kita bisa mengoptimalkan sisa hari di Ramadhan ini dengan baik. Semangat selalu, dan saya mohon maaf karena lama tidak muncul.