Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Masih banyak dari beberapa orang atau lembaga lebih mementingkan kuantitas daripada kualitas. Kita ambil salah satu contoh saja sebuah lembaga sekolah atau perguruan tinggi lebih merasa bangga ketika meluluskan lebih banyak mahasiswa atau siswanya. Walaupun memang kualitas dari lembaga tersebut menjadi faktor yang penting juga. Maka dari hal itulah kualitas harus menjadi hal yang nomer satu diperhatikan dibanding kuantitas yang selama ini masih saja diunggulkan.

Seperti yang saya alami sendiri ketika pertama kali menginjakkan kaki di Yogyakarta dan masuk kuliah di UMY, saya sangat merasa aneh ketika nomer 16 menjadi nomer presensi terakhir pada jurusan saya. Ini artinya di Jurusan saya hanya terdapat 16 calon mahasiswa yang mendaftar di Jurusan ini. Cerita selanjutnya adalah ternyata yang masuk kuliah juga semakin berkurang, jika nomer presensi terakhir sampai nomer 16, yang masuk kuliah hanya berkisar 13 atau 14 orang setiap harinya. Kemudian setelah 3 tahun berjalan, sekarang jumlah mahasiswa angkatan saya hanya 10 orang. Hal ini ternyata merupakan sebuah kebanggan karena angaktan saya jauh lebih banyak dari angkatan kakak kelas saya yang ternyata hanya berjumlah 6 atau 7 orang. Peningkatan yang sangat signifikan setiap tahunnya. Dan Alhamdulillah pada angakatn tahun 2011 ini saya mendengar kabar ada 18 mahasiswa baru yang masuk jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

Mengapa saya mempermasalahkan antara kuantitas dan kualitas pada paragraf satu diatas. karena disini saya ingin berbagi sedikit kelebihan dari beberapa mahasiswa KPI yang menurut saya bisa dibagikan pada sahabat semua. Bukan untuk pamer sebenarnya, tapi sekedar untuk motivasi agar KPI bisa lebih maju lagi dan tentunya bisa memberikan manfaat pada yang lain untuk bersaing juga. Baik akan saya mulai dengan salah satu kakak angkatan saya yang akan wisuda. Untuk lebih memudahkan akan saya kasih nomer saja satu per satu : (gak penting banget kan?)

  1. Rubiyanto : Mantan presiden BEM UMY ini merupakan mahasiswa yang berasal dari Lampung, mahasiswa yang memiliki motto hidup “HIDUP ADALAH PERJUANGAN, PERJUANGAN ADALAH PEMBUKTIAN KATA-KATA” ini menurut saya adalah seorang mahasiswa yang patut untuk dijadikan teladan bagi mahasiswa lain (boleh minta tanda tangan juga). Insya Allah mas Rubi ini akan wisuda bulan Februari dan kemungkinan besar akan menikah setelah wisuda (ehm ehm).
  2. Siti Kholifah, adek dari Mas Rubi ini adalah satu-satunya musrifah/senior resident (pembimbing) di UNIRES/ asrama mahasiswa UMY yang berbeda dari musrifah lainnya. kalau yang lainnya minimal harus duduk di semester 5, Siti Kholifah ini baru duduk di semester 3. Hebat kan….
  3. Winda Sulistiyorini, Indah, Sakinah, Lukman, Alvis…. selain sebagai aktivis pada beberapa lembaga di Universitas, mereka juga merupakan senior resident di asrama mahasiswa UMY. Perlu diketahui, Senior Resident itu diambil/diseleksi dari mahasiswa yang mendaftar untuk menjadi Senior Resident. Jelas bisa dibanggakan dari segi bahasa Arab atau Inggris yang mereka kuasai.
  4. Rila Setiyaningsih, Mahasiswa angkatan 2008 ini adalah pembina di Unires Putri. Wow, hebat sekali kan… pembina ini menangani satu lantai di asrama, dibawah pengasuh. masih mahasiswa sudah jadi pembina yang membina ratusan residen… hhmmm…. selain itu Rila kemungkinan besar akan jadi mahasiswa yang wisuda tercepat dari teman seangkatannya, tentu saja bisa kita bayangkan berapa IPK yang dia dapat karena jarang sekali mendapat nilai B.
  5. Adnan, mahasiswa angkatan 2010 ini sudah sibuk dengan kegiatan dakwahnya. Waktu ada seleksi Dai pilihan yang diselenggarakan oelh salah satu TV swasta dia ikutan dan Alhamdulillah masuk 20 besar di Yogyakarta. Kalau sahabat pernah melihat atau mendengar Adnan berpidato, akan mengingatkan kita pada alm. KH. Zainuddin MZ. sepertinya Adnan adalah penerus generasi beliau.

Baik, sementara saya hanya membagikan prestasi dari beberapa mahasiswa tadi saja. Lain kali kalau ada yang terbaru Insya Allah akan saya bagi kepada sahabat semua. Semoga hal ini bisa memberikan semangat kita semua untuk terus maju dan memberikan yang terbaik kepada orang lain. Semangat selalu….

Categories: umy

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Fenomena Tawuran Sup

Bismillahirrohmanirrohiim..... Tawuran suporter Persita tangerang dengan warga dipicu karena mereka ...

Hati-hati Ada Cacing

Proses penyembelihan hewan kurban berlangsung meriah karena warga satu RT ...

Crop Circle UFO Slem

Alam memberikan pemandangan yang selalu saja memanjakan mata manusia sekaligus ...

Dokter Spesialis dia

Aku tersenyum-senyum sendiri dari kejauhan ketika melihat salah satu pasien ...

Usaha Maksimal Untuk

“ANDA PUAS, BERI TAHU TEMAN ANDA ANDA KURANG PUAS, BERI TAHU ...