Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Yusnita Febri

Seseorang yang mengalami gangguan pendengaran di usia 10 th. Dimana Pendengaranku mengalami gangguan dengar sebesar 93 dB (Decibel) di kanan-kiri (masuk kategori sangat berat). Perlu di ketahui batas ambang dengar manusia Normal adalah sebesar 0-25 dB. Jadi hanya suara-suara keraslah yang masih bisa kudengar.

Untuk komunikasi mesti dibantu dengan Alat Bantu Dengar (ABD)/Hearing Aid. Walaupun pendengaranku terganggu, namun aku sama dengan kalian yang “Normal”. Aku masih bisa mendengar dengan Alat Bantu Dengar dan tentunya aku punya hati untuk merasakan.

Aku bersyukur masih memiliki mata yang baik untuk membantu dalam mendengar.

Salam..
-Nita-

Selasa, 15 Nopember 2011 saya mengikuti Pelatihan Jurnalistik Media Cetak dan Online yang diselenggarakan oleh STMIK AMIKOM Yogyakarta Bekerja sama dengan Media Indonesia. Pelatihan tersebut berlangsung dari pukul 08.00 pagi sampai 17.15 sore. Molor lebih dari 2 jam dari jadwal yang seharusnya berakhir pukul 15.00. Tapi karena memang sudah nanggung dan eman-eman kalau ditinggalkan akhirnya dengan mencoba menyemangati diri saya mengikuti acara hingga selesai.

Sepulang dari AMIKOM Yogyakarta, seharusnya jadwal saya adalah menuju Masjid Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MasKam UMY) untuk sholat maghrib dan isya berjamaah disana. Tapi saya urungkan karena sudah terlambat. Saya menuju masjid teman saya dan sholat disana. Setelah sholat isya ternyata saya langsung terlelap dikamarnya. Baru pukul 21.30 saya dibangunkan dan pulang ke UNIRES UMY. Saya lupa bahwa saya harus mengambil baju yang saya loundry. Karena loundry tutup pukul 21.00 akhirnya saya langsung menuju ke kamar dan tidur. Padahal biasanya saya masih sempat mengaktifkan internet sekedar melihat, berkomentar, dan bertweet. Tapi malam tadi tidak.

Saya terbangun karena mendengar adzan dari Ustaz Nazieh, beliau adalah pengasuh diasrama. Masih seperti biasanya, sholat berjamaah, mendengarkan kultum, mendapatkan mufrodat yang gampang lupanya. Ngaji bareng dengan anak asrama yang lain. Tidak ada yang berbeda rasanya. Baru setelah aku tengok hape saya, buka ubersocial, saya kaget ketika membaca salah satu kicauan yang mengabarkan berita duka dari salah seorang blogger yang saya anggap sangat memberikan pengaruh bagi saya. Ya, malam tadi mbak Yusnita Febri (mbak Nita) dikabarkan meninggal oleh kakaknya. Inna lillahi wa inna ilaihi raaji’uun.

Saya mengenal mbak Nita lewat multiply. Ketika pertama kali saya mengenal dunia blog pada tahun 2008. Mbak Nita menurut saya adalah orang yang sangat tangguh. Walaupun memiliki kekurangan dalam pendengaranya sehingga harus memakai Alat Bantu Dengar (ABD) tapi mbak Nita pantang menyerah. Mbak Nita banyak sekali menginspirasi ibu-ibu yang memiliki anak dengan gangguan dengar untuk tetap tabah dan sabar dalam menghadapinya. Selain itu, banyak juga yang berkonsultasi kepada mbak Nita soal ABD itu.

“JADIKAN KEKURANGANMU UNTUK MAJU”. Kalimat yang tidak panjang tapi sangat menginspirasi. Memberikan semangat, ini juga saya mirip-miripkan akhirnya dengan judul blog saya, Miskin Tak Selalu Bodoh. Yang membuat saya menjadi harus semakin bersemangat dalam hal apapun.

Selamat jalan mbak Nita, semoga Allah mengampuni dan menerima amal ibadah mbak Nita. Mohon maaf apabila selama ini saya banyak salah. Semoga ini menjadi pelajaran berharga untuk saya dan semua orang.

Aku sengaja menjadikan Tittle blognya mbak Nita sebagai judul artikelku ini.

Categories: kenangan

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Fenomena Tawuran Sup

Bismillahirrohmanirrohiim..... Tawuran suporter Persita tangerang dengan warga dipicu karena mereka ...

Hati-hati Ada Cacing

Proses penyembelihan hewan kurban berlangsung meriah karena warga satu RT ...

Crop Circle UFO Slem

Alam memberikan pemandangan yang selalu saja memanjakan mata manusia sekaligus ...

Usaha Maksimal Untuk

“ANDA PUAS, BERI TAHU TEMAN ANDA ANDA KURANG PUAS, BERI TAHU ...

Dokter Spesialis dia

Aku tersenyum-senyum sendiri dari kejauhan ketika melihat salah satu pasien ...