Miskin Tak Selalu Bodoh

Karena semua orang berhak berpendidikan

Sekolah Masih Mahal

Posted by choirul huda 5,868 Comments

Judul Sekolah Masih Mahal memang sengaja saya berikan pada posting blog ini. Mengapa saya menjadikan Sekolah Masih Mahal ini menjadi judul tulisan saya, karena hari ini saya mendapatkan sms balasan dari kakak saya yang di kampung bahwa berita tentang aksi bunuh diri yang dilakukan oleh salah seorang siswa MA di desa saya masuk pada Surat Kabar Harian di Propinsi. Sungguh tragis memang, siswa MA ini melakukan aksi bunuh diri karena belum bisa melunasi biaya SPP sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Semester. Padahal neneknya sudah berjanji akan melunasi sore hari setelah mendapat bayaran dari hasil buruh taninya sebesar Rp. 210.000. Uang 210.000 itu sangat besar untuk ukuran masyarakat Indonesia yang bermata pencaharian buruh tani.

Aksi bunuh diri yang dilakukan oleh siswi MA yang masih satu desa dengan saya ini sungguh merupakan palajaran berharga bagi kita semua. Orang-orang di desa saya yang memang masih banyak yang hidup miskin harus menanggung banyak biaya anaknya yang sekolah, padahal untuk makan sehari-hari saja sudah susah. Bayangkan saja, hidup di desa yang seharusnya punya sawah untuk mata pencaharian atau untuk makan saja bisa kurang. Apalagi bagi mereka yang tidak punya sawah dan terpaksa harus bekerja sebagai buruh tani yang penghasilannya tidak pasti. Ini adalah ujian dan kita memang harus pandai untuk bersabar dalam menghadapi semua ini.

Saya sendiri tidak tahu apakah pihak sekolah tidak memberikan keringanan kepada siswi ini sehingga dia sampai tertekan batinnya dan melakukan aksi bunuh diri. Padahal seharusnya pihak sekolah juga harus memberikan perhatian khusus kepada orang-orang yang memang tidak bisa membayar dengan memberikan keringanan biaya. Di lain pihak, saya berpikir mengapa anak seusia SMA ternyata masih labil seperti ini. Seharusnya siswi ini bisa berpikir jauh dan tidak melakukan aksi nekat hanya gara-gara belum bisa membayar SPP. Memang sangat membingungkan.

Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran berharga dari peristiwa ini.

Categories: pendidikan

PROFIL AKU

choirul huda


Popular Posts

Fenomena Tawuran Sup

Bismillahirrohmanirrohiim..... Tawuran suporter Persita tangerang dengan warga dipicu karena mereka ...

Hati-hati Ada Cacing

Proses penyembelihan hewan kurban berlangsung meriah karena warga satu RT ...

Crop Circle UFO Slem

Alam memberikan pemandangan yang selalu saja memanjakan mata manusia sekaligus ...

Dokter Spesialis dia

Aku tersenyum-senyum sendiri dari kejauhan ketika melihat salah satu pasien ...

Usaha Maksimal Untuk

“ANDA PUAS, BERI TAHU TEMAN ANDA ANDA KURANG PUAS, BERI TAHU ...