Apa Itu Krisis Iklim?

 

(image: The Jakarta Post)

 

Merasa suhu akhir-akhir tahun ini terasa lebih panas? Sekalinya turun hujan sangat deras? Cuaca yang tidak menentu? Itulah beberapa akibat dari perubahan ikim.

Jadi, begini.. dilansir dari krisisiklim.com, krisis iklim adalah sebuah krisis yang dialami masyarakat di seluruh dunia disebabkan perubahan iklim. Perubahan iklim terjadi ketika suhu rata-rata bumi meningkat, disebabkan gas rumah kaca yang terjebak di atmosfer.

Akibat-akibat dari perubahan iklim di atas bukanlah yang paling terburuk, misalnya terancamnya ketersediaan pangan dan kesehatan. Beberapa dari kita mungkin sudah menyadari hal itu, karena memanglah perubahan iklim membutuhkan waktu dan akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Pemicu dasar perubahan iklim adalah aktivitas manusia yang beberapanya adalah penggunaan kendaraan pribadi yang mengeluarkan karbon dioksida dan sampah yang membusuk mengandung banyak gas methan.

Solusi yang baik yang dikatakan oleh Conversation International adalah alam. Hutan tropis menjadi yang paling efektif dalam menangani krisis iklim.

 

The natural world is the greatest source of excitement. The greatest source of visual beauty. It is the greatest source of so much in life that makes life worth living.

-David Attenborough

 

Ngomong-ngomong David Attenborough, beliau merilis film dokumenter terbarunya tahun 2020 yang berjudul “David Attenborough: A Life On Our Planet”. Langsung ajaa ditonton. Ada pulau Kalimantan 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *