Penggunaan Kantong Plastik

Sedikit asal-usul kantong plastik. Kantong plastik pertama kali diciptakan Sten Gustaf Thulin di Swedia pada tahun 1959 sebagai pengganti kantong kertas yang perlu penebangan pohon terus-menerus. Tujuan penciptaan ini adalah untuk dipakai berkali-kali. Tetapi sebaliknya, saat ini kantong plastik digunakan sekali pakai. Dari cara pembuatannya, plastik lebih hemat energi dibanding kantong kertas dan kain. Tetapi, penggunaan kantong plastik berlebihan pun berdampak buruk. Setidaknya butuh 100-500 tahun hingga plastik terurai dengan sempurna.

Bahkan, plastik ‘ramah lingkungan’ atau biodegradable bukan solusinya. Dikutip dari greenpeace.org, berdasarkan penelitian yang dilakukan Imogen Napper dan Richard Thompson di University of Plymouth, Inggris, plastik biodegradable tidak terurai setelah tiga tahun dibiarkan di alam bahkan masih utuh seperti sedia kala.

Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita tidak dapat menghapuskan penggunaan plastik 100% dalam kehidupan. Lalu bagaimana? Gunakan kantong yang saat ini kita punya. Gunakanlah berkali-kali. Juga hindari penggunaan plastik sekali pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *