Perbedaan Penulisan Ilmiah dan Non-Ilmiah

Penulisan ilmiah adalah karya tulis yang dibuat berdasarkan hasil penelitian berlandasan teori dan metode-metode ilmiah dengan tujuan memberi data, fakta, dan solusi dari apa yang telah diteliti. Punulisan ilmiah dilakukan secara sistematis dengan ciri-ciri, yaitu reproduksi (dapat diterima dan dimaknai oleh pembaca sesuai dengan makna yang ingin disampaikan), tidak ambigu (bahasa yang tidak membingungkan), tidak emotif (tidak melibatkan perasaan dari penulis), menggunakan bahasa baku, menggunakan kaidah keilmuan, bersifat dekoratif (menggunakan istilah atau kata yang memiliki satu kata dan menonjolkan keruntutan), terdapat kohesi (berkesinambungan), bersifat objektif dan menggunakan kalimat efektif.

 

Sedangkan penulisan non ilmiah adalah karya tulis yang tidak sesuai fakta (fiktif dan subjektif) berdasarkan metode karangan non ilmiah. Karangan ini seperti novel, cerpen, puisi, dsb. yang bertujuan untuk mempengaruhi perasaan dan imajinasi pembaca. Penulisan non ilmiah dilakukan untuk kepentingan dan kepuasan penulis dengan gaya penulisan yang berkias.

 

Dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara penulisan ilmiah dan non ilmiah terletak pada kepentingan penyusunannya, gaya bahasa dan metode penulisannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *