Solusi Kasus RS Graha Kedoya

  1. Sesuai dengan PMK Nomor 1691 tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit, Maka Rumah Sakit Graha Kedoya harus melaporkan insiden, analisis, rekomendasi dan solusi Kejadian Tidak Diharapkan (KTD) secara tertulis kepada Komite Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit.
  2. Sesuai dengan Undang-undang No.29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, RS dapat melakukan laporan kepada Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) adalah lembaga yang berwenang untuk menentukan ada tidaknya kesalahan yang dilakukan dokter dan dokter gigi dalam penerapan disiplin ilmu kedokteran dan kedokteran gigi, dan menetapkan sanksi. MKDKI bertujuan menegakkan disiplin dokter/dokter gigi dalam menyelenggarakan praktik kedokteran. Domain atau yurisdiksi MKDKI adalah “disiplin profesi”, yaitu permasalahan yang timbul sebagai akibat dari pelanggaran seorang profesional  atas peraturan internal profeisnya, yang menyimpang dari apa yang dihrapakan oleh profesional dengan pengetahuan dan ketrampilan yang rata-rata. Dalam hal (MKDKI) dalam sidangnya menemukan adanya pelanggaran etika, maka MKDKI akan meneruskan kasus tersebut kepada MKEK.
  3. Persidangan MKEK bersifat inkuistorial khas profesi, yaitu Majelis (ketua dan anggota) bersikapa aktif melakukan pemeriksaan, tanpa adanya bdan atau peorangan sebagai penuntut. Persidangan MKEK secara formiel tidak menggunakan sistem pembuktian sebagaimana lazimnya di dalam hukum acara pidana atau perdata, namun demikian tetap berupaya melakukan pembuktian mendekati ketentuan-ketentuan pembuktian yang lazim.
  4. Melakukan upaya penyelesaian di luar pengadilan dan menyiapkan pengacara RS.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar