3 Elemen Aktivitas Guru Dalam PKB yang Bisa Dipandang Angka Cicilannya

Pengembangan Keprofesian Berkepanjangan (PKB) ialah wujud evaluasi berkepanjangan untuk memiara dan tingkatkan standard kapabilitas keseluruhannya, meliputi sektor-sektor yang terkait dengan karier guru.

Dengan begitu, guru secara profesional bisa memiara, tingkatkan, dan memperlebar pengetahuan dan ketrampilannya untuk melakukan proses evaluasi yang berkualitas. Evaluasi yang berkualitas diinginkan sanggup tingkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan pengetahuan peserta didik.

Dalam Ketentuan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 ada tiga elemen aktivitas guru yang telah dilansir dari situs jayaedu.com dalam PKB yang bisa dipandang angka cicilannya, yaitu;

3 Elemen Aktivitas Guru Dalam PKB yang Bisa Dipandang Angka Cicilannya

1. Pengembangan Diri

Pengembangan diri pada intinya adalah usaha untuk tingkatkan kekuatan dan ketrampilan guru lewat aktivitas pengajaran dan latihan fungsional dan aktivitas kelompok guru yang bisa tingkatkan kapabilitas/keprofesian guru.

Beberapa contoh materi yang bisa ditingkatkan dalam aktivitas peningkatan diri, bagus di dalam diklat fungsional atau aktivitas kelompok guru, di antara lain; Pengaturan RPP, program kerja, dan atau rencana pengajaran, Pengaturan Kurikulum dan bahan ajar.

Pengembangan metodologi mengajarkan, Penilaian proses dan hasil evaluasi peserta didik, Pemakaian dan peningkatan tehnologi Informatika dan Computer (TIK) dalam evaluasi, Pengembangan proses evaluasi, tulisan publisitas ilmiah, peningkatan kreasi inovatif, kekuatan untuk mempresentasikan hasil kreasi, dan kenaikan kapabilitas yang lain berkaitan dengan penerapan beberapa tugas tambahan atau pekerjaan yang lain berkaitan dengan peranan sekolah.

2. Publikasi Ilmiah

Publikasi Ilmiah ialah karya tulisan ilmiah yang sudah diterbitkan ke warga selaku wujud konstribusi guru pada kenaikan kualitas proses evaluasi di sekolah dan peningkatan dunia pengajaran pada umumnya. Publisitas ilmiah meliputi 3 (tiga) barisan, yakni:

Presentasi/komunitas ilmiah. Dalam masalah ini guru bertindak selaku pembicara pada seminar, lokakarya, koloqium, dialog ilmiah, baik tingkat sekolah, KKG/MGMP, kabupaten/kota, propinsi, nasional, atau internasional

  • Publisitas ilmiah berbentuk hasil riset atau ide pengetahuan sektor riset, makalah pantauan ilmiah di bagian pengajaran resmi dan evaluasi, tulisan ilmiah terkenal (diantaranya dapat diedarkan melalui Majalah) dan artikel ilmiah dalam sektor pengajaran.
  • Kreasi ilmiah ini sudah diedarkan dan diseminarkan di sekolah semasing. Dokumen kreasi ilmiah ditetapkan oleh kepala sekolah dan tersimpan di perpustakaan sekolah. Untuk guru yang mendapatkan pekerjaan tambahan selaku kepala sekolah, kreasi ilmiahnya harus ditetapkan oleh kepala dinas pengajaran di tempat.
  • Publisitas buku text pelajaran, buku pengayaan/dasar guru. Buku yang diartikan bisa berbentuk buku pelajaran, baik selaku buku khusus atau buku pendamping, modul/diktat evaluasi per semester, buku dalam sektor pengajaran, kreasi terjemahan, dan buku panduan guru.

Buku termaksud harus ada di perpustakaan sekolah tempat guru bekerja. Orisinalitas buku harus diperlihatkan dengan pengakuan orisinalitas dari kepala sekolah atau dinas pengajaran di tempat untuk guru yang memperoleh pekerjaan tambahan selaku kepala sekolah.

3. Karya Inovatif

Karya Inovatif adalah kreasi yang memiliki sifat peningkatan, modifikasi, atau penemuan baru selaku wujud kontributor guru pada kenaikan kualitas proses evaluasi di sekolah atau peningkatan dunia pengajaran, sains/tehnologi, dan seni.

Karya inovatif ini bisa berbentuk penemuan tehnologi pas buat, penemuan/pembuatan atau peningkatan kreasi seni, pengerjaan/modifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum, atau penyusun standard, dasar, masalah dan semacamnya di tingkat nasional atau propinsi.

Kegiatan PKB yang meliputi ketiga elemen itu harus dikerjakan secara berkepanjangan, supaya guru bisa selalu jaga dan tingkatkan profesionalismenya, bukan hanya untuk pemenuhan angka credit. Oleh karenanya, walau angka credit seorang gurudiasumsikan sudah penuhi syarat untuk peningkatan pangkat dan kedudukan fungsional tertentu, guru masih harus lakukan aktivitas PKB.

Demikian artikel terkait 3 elemen aktivitas guru dalam PKB yang bisa dipandang angka cicilannya. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *