Universitas Terbaik adalah tujuan bagi calon-calon mahasiswa memilih sebuah universitas untuk sarana mereka mengenyam pendidikan. Seperti yang gw alami dulu, ketika gw dinyatakan “LULUS” dari sekolah menengah atas, saat itu gw ditanya sama bokap,

“Mau kuliah di universitas mana?” Tanya ayah ku,

“Mana aja, tapi kalau bisa yang terbaik, Yah.” Jawab ku

Waktu itu aku hanya bermodalkan sebuah internet dan berbagai kertas (browsur) yang menuntunku untuk memilih. Dalam browsur pun banyak ditulis universitas terbaik, universitas unggulan, pokoknya macem-macem deh sampai gw sendiri bingung dibuatnya.

Tujuan awal pertama sewaktu masih di SMA sih pengennya kuliah di daerah Jakarta, karena di sana kan banyak banget tuh universitas dan katanya universitas terbaik banyak ditemukan di Jakarta. Namun setelah selidik lebih dalam lagi, ternyata ada Yogyakarta yang katanya lekat dengan sebutan “Kota Pelajar”.

Cari informasi sana-sini, akhirnya dapat juga teman yang kebetulan kuliah di sana. Dan gw pun mulai menanyakan universitas terbaik di Yogyakarta apa sih, namun jawaban dia pun sedikit mengambang dalam pikiran gw. Dia waktu itu menjawab kalau di Yogyakarta ini banyak sekali universitas terbaik yang tinggal pilih, namun dia mengatakan kalau kuliah itu tergantung cara kita mengambil manfaat dari universitas yang kita pilih. Klo kita rajin dan bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di universitas tersebut maka lo bakal jadi orang sukses, penjelasan singkatnya mengenai universitas terbaik saat itu.

Tak sekedar sampai di situ pencarian universitas terbaik yang aku lakukan, aku pun bertanya dengan teman-teman di dunia maya ku yang kebetulan banyak yang kuliah juga. Akhirnya dengan modal nekat aku pun memilih Jogja sebagai tempat ku untuk mendapatkan pendidikan.

Sama seperti yang lainnya, pasti lah universitas negeri adalah pilihan pertama yang dipilih tak terkecuali gw. Gw pun memilih salah satu jurusan yang ada di salah satu Universitas negeri di Yogyakarta lewat jalus SNMPTN. Namun alhamdulillah setelah melihat dihati pengumuman yang waktu itu kebetulan dilakukan secara Online gw pun dinyatakan “Tidak Lulus”.

Sedih memang, namun itulah persaingan. Ada yang kalah ada pula yang menang. Tak apa, batik ku saat itu. Gw pun obrak-abrik internet lagi, dan akhirnya dapet SMS dari salah seorang teman “Universitas terbaik di Yogyakarta apa, Yat?” tanya dia saat itu. Dan gw pun menjawab “nih gw juga lagi cari-cari daftar universitas terbaik di Yogyakara.”. Memang sumpah, yang namanya mencari universitas terbaik itu sulit, akhirnya temen gw pun memutuskan untuk mengajak gw kuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), gw pun mengiyakannya.

Akhirnya gw mendaftar jalur CBT di UMY, setelah itu SMS teman yang mengajak gw ke sini. Sayangnya gw mendapat kekecewaan, “Gw dah daftar di Akprin bro, sama sodara gw” jawab dia singkat. Ya udah lah, gw terima aja gw kuliah di UMY dan gw harap ini adalah universitas terbaik bagi gw.

Setelah gw kuliah di UMY hampir tiga-empat semester akhirnya ada pengumuman kalau universitas gw, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mendapatkan peringkat yang memuaskan sebagai universitas terbaik untuk kategori swasta. Sedang untuk universitas terbaik di Indonesia kategori umum, Uiversitas Muhammadiyah Yogyakarta mendapatkan peringkat 16 dengan detail posisi ( 2.069 Size, 1.140 Fisibility, 2.158 Rich File, dan 1.835 Schoolar.

Untuk lebih lengkapnya gw kasih nih daftar lengkap universitas terbaik versi webometrics.info sedang kan untuk situs lengkapnya kunjungi link ini http://www.webometrics.info/rank_by_country.asp?country=id

WORLD RANK

UNIVERSITY

 

 SIZE

 VISIBILITY

 RICH FILES

 SCHOLAR

562

University of Indonesia

247

827

538

460


632

Institute of Technology Bandung

293

715

929

845


817

Universitas Gadjah Mada

258

805

1,255

1,643


845

Gunadarma University

411

971

326

1,908


1180

Bogor Agricultural University

995

1,105

985

1,653


1218

Universitas Negeri Malang

1,088

1,397

760

1,673


1260

Petra Christian University

448

3,323

606

1,681


1264

Universitas Muhammadiyah Malang

1,282

2,135

638

1,588


1274

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

467

1,474

1,760

1,609


1294

Diponegoro University

230

2,267

1,619

1,624


1348

Andalas University

2,458

1,603

598

1,729


1361

Universitas Sebelas Maret

434

1,526

1,277

1,978


1388

Airlangga University

875

2,837

577

1,881


1473

Universitas Sriwijaya

879

2,385

1,298

1,812


1477

Brawijaya University

986

1,248

1,224

2,480


1540

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

2,069

1,140

2,158

1,835


1580

Universitas Islam Indonesia

1,074

1,373

2,956

1,809


1604

Universitas Muhammadiyah Surakarta

984

3,184

1,246

1,912


1671

Universitas Sumatera Utara

1,290

2,969

2,584

1,614


1760

Universitas Mercu Buana

1,498

2,388

1,266

2,238


1850

Indonesia University of Education

1,009

1,976

1,957

2,707


1912

Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya

2,253

2,280

1,782

2,062


1950

Universitas Padjadjaran

978

2,339

2,374

2,490


2043

Yogyakarta State University

2,174

2,408

3,114

1,836


2083

Universitas Lampung

1,897

4,056

1,296

2,308


2162

Informatics and Computer College Stmik Amikom

2,758

2,914

2,938

1,805


2226

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

2,372

2,469

2,752

2,139


2373

Universitas Negeri Semarang

1,596

3,721

4,490

1,811


2553

Universitas Tarumanagara *

3,988

7,322

1,697

1,761


2600

Bina Nusantara University

2,236

2,956

1,710

5,165


2632

Universitas Hasanuddin University

2,129

3,569

2,105

3,885


2723

Universitas Udayana

3,633

4,439

2,392

2,225


3051

Unikom

2,171

5,880

3,419

2,410


3068

Ahmad Dahlan University

2,259

2,453

4,883

3,810


3403

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

1,158

3,298

4,599

7,229


3468

Atma Jaya Yogyakarta University

6,033

5,715

1,219

4,932


3471

Universitas Riau Beranda

3,077

6,989

4,432

2,065


3556

Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel

2,654

9,472

3,984

1,966


3770

Duta Wacana Christian University

3,183

4,701

3,475

5,165


3912

Universitas Terbuka

2,653

3,092

6,274

4,932


4127

Universitas Katolik Parahyangan

2,423

7,697

4,499

3,548


4182

Institut Sains & Teknologi Akprind

3,058

6,332

6,932

2,333


4201

ISI Denpasar

4,424

9,814

4,344

1,977


4342

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta

9,227

6,503

4,570

1,867


4651

Universitas Trisakti

3,117

6,989

5,336

4,118


4871

Institut Teknologi Telkom (Sekolah Tinggi Teknologi Telkom)

2,346

5,982

5,454

7,229


4939

Universitas Jenderal Soedirman

2,965

6,226

4,731

7,229


4965

Universitas Negeri Surabaya

5,756

6,932

3,017

6,048


5075

Universitas Sanata Dharma

4,878

5,715

5,671

4,723


5081

Universitas Negeri Gorontalo

8,136

6,558

4,473

3,005

Daftar di atas merupakan daftar 50 universitas terbaik versi WebOmetrics untuk wilayah Yogyakarta. Namun sekali lagi gw lebih mengikuti kata temen gw yang bilang “kuliah itu tergantung cara kita mengambil manfaat dari universitas yang kita pilih. Klo kita rajin dan bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di universitas tersebut maka lo bakal jadi orang sukses,”.

Jadi ini adalah cerita gw memilih universitas terbaik selama ini, semoga ini bisa menjadi referensi bagi kalian yang sedang memilah memilih universitas terbaik untuk menjadi tempat kalian menuntut ilmu..

Tapi ingat ya, jangan lupa kata-kata temen gw tadi yang udah gw ulang  sebanyak dua kali itu, selamat memilih universitas terbaik

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

dayat


Popular Posts

Memilih Universitas

Universitas Terbaik adalah tujuan bagi calon-calon mahasiswa memilih sebuah universitas ...

iPhone 5 Masuk Indon

Hore, iPhone 5 resmi masuk Indonesia pada tanggal 14 Desember 2012 ...

Lima Daftar Universi

universitas terbaik kali ini tak seperti daftar universitas terbaik beberapa ...

Universitas Terbaik

Universitas Terbaik, Emmm Kalau ditanya "Dayat kamu mau kuliah di ...

Tampilan Baru Youtub

Universitas Terbaik : BINGUNG.... itulah kata yang ada dalam benak ...