Manfaat Menggunakan Aplikasi Payroll Untuk Perusahaan

December 2, 2020

Memilih aplikasi penggajian tidak boleh sembarangan. Itu karena terkait langsung dengan penggajian karyawan. Di saat perkembangan teknologi semakin pesat seperti saat ini, Anda membutuhkan aplikasi dan sistem yang dapat menambah pengembangan yang ada di peruhaan..

Penggunaan cara manual hanya akan membuat proses penggajian di bisnis Anda terlambat bahkan memakan waktu lama, hal ini akan berdampak pada ketidakpuasan karyawan terhadap kinerja perusahaan dalam menggaji karyawan yang mana hal ini akan mempengaruhi produktivitasnya. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika perusahaan Anda menggunakan software payroll seperti berikut ini:

Hemat Waktu

Manfaat pertama adalah Anda bisa lebih hemat waktu. Dibandingkan dengan cara manual, terlihat jelas bahwa aplikasi ini akan dapat memangkas waktu yang dibutuhkan oleh bagian HRD dalam menjalankan proses penggajian atau penggajian setiap bulannya.

Bisa dibayangkan jika aplikasi ini tidak diterapkan dan penggajian manual berfungsi, berapa banyak waktu yang harus Anda habiskan mulai dari menghitung uang pokok, uang makan, biaya transport, uang lembur dan dan biaya lain yang harus di tanggung perusahaan. Jika di lakukan secara manual ini akan membuat banyak waktu terbuang hanya untuk menghitung biaya tersebut. Jadi sebuah aplikasi yang akan menghitung secara otomatis akan sangat di butuhkan oleh sebuah perusahaan.

Jika jumlah karyawan tidak terlalu banyak tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah, namun jika karyawan Anda jumlahnya ratusan bahkan ribuan, berapa banyak waktu yang harus Anda keluarkan untuk membuat slip gaji.

Efisiensi SDM

Manfaat yang paling menonjol dari penggunaan aplikasi penggajian ini adalah kinerja karyawan HRD akan jauh lebih efektif dan efisien. Ini karena proses penggajian yang lebih singkat akan memungkinkan HRD untuk fokus pada orang lain.

Jika untuk membayar 100 karyawan Anda membutuhkan 4 hingga 5 karyawan HRD, menggunakan aplikasi ini Anda hanya perlu mempekerjakan 1 hingga 2 karyawan HRD. Semakin sedikit karyawan yang Anda miliki, semakin sedikit anggaran atau biaya operasional perusahaan Anda.

Selain itu, SDM dapat fokus pada pengembangan dan pengelolaan karyawan sehingga akan berdampak pada bisnis dan perusahaan Anda. Perusahaan Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena keterampilan dan kemampuan karyawan meningkat.

Kepuasan karyawan

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi penggajian adalah kepuasan karyawan meningkat.

Karyawan yang merasa puas dengan kinerja dan kinerja perusahaan akan memiliki produktivitas dan moral yang baik, sehingga sangat disayangkan apabila terjadi konflik internal yang diakibatkan oleh ketidakpuasan karyawan akibat sistem penggajian yang diterapkan oleh perusahaan.

Data Transparan

Manfaat terakhir adalah menyediakan data yang transparan. Karyawan dan Anda bisa melihat berapa gaji yang harus mereka terima dan karyawan bisa melihat detail gaji mereka secara transparan. Dengan menggunakan sistem ini, modifikasi data juga tidak dapat dilakukan.

Dengan banyaknya keuntungan yang Anda dapat dari aplikasi pengajian ini, Anda harus menerapkannya di perusahaan Anda. Jangan sampai anda salah pilih system penggajian yang terbaik hanya di sediakan oleh provider yang sudah sangat terpercaya.

Dengan menggunakan software banyak keuntungan yang bisa di dapat oleh perusahaan salah satunya akan memangkas biaya untuk membayar seseorang yang harus menghitung secara manual semua gaji karyawan. Dengan menggunakan system ini human error akan sangat sering terjadi sehingga akan meugikan perushaan atau karyawan

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar