Cara Memperbaiki Masalah Google Play Store Bisa Dilakukan Sendiri

January 22, 2021

Seperti yang kita ketahui, Google Play Store merupakan platform penting yang digunakan sebagai tempat download aplikasi dan game. Namun tidak dapat di pungkiri bahwa playstore juga bisa mengalami masalah. Lalu bagaimana tips untuk memperbaiki playstore ini?

Seperti yang kita ketahui, sebagai pengguna smartphone dengan sistem operasi Android pasti sudah tidak asing lagi dengan Google Play Store yang merupakan tempat mengunduh segala macam aplikasi untuk sistem operasi Android. Jadi, ketika aplikasi ini mengalami masalah, bagaimana cara Anda mengatasinya di Google Play Store ini? Kunjungi android62.com untuk melihat tutorial android lengkap.

Perlu juga diperhatikan bahwa masalah yang dimaksud disini adalah adanya beberapa kerusakan pada Google Play Store yang menyebabkan pengguna kita tidak dapat mendownload aplikasi di Google Play Store. Selain itu, kerusakan juga bisa terjadi bila kita selalu gagal mengupdate atau mengupdate beberapa aplikasi di Google Play Store.

Sebagai aplikasi yang dikembangkan langsung oleh Google, Google Play Store sangat populer di seluruh dunia dan digunakan di berbagai negara khususnya pengguna smartphone dengan sistem operasi Android. Meski populer, nyatanya Google Play Store masih bisa rusak dan bermasalah!

Dan jika Anda termasuk salah satu orang yang mengalami kerusakan Google Play Store, berikut informasi lengkapnya.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah dengan Google Play Store, kiranya Anda bisa menggunakan cara memperbaiki Google Play Store berikut ini:

Restart Smartphone Anda

Cara pertama untuk memperbaiki Google Play Store adalah dengan memulai ulang ponsel cerdas Anda. Dan metode ini adalah metode yang paling umum digunakan oleh banyak orang yang mengalami masalah serupa di Google Play Store mereka.

Pastikan Koneksi Internet

Cara kedua untuk memperbaiki Google Play Store adalah dengan memeriksa koneksi internet yang sedang Anda gunakan. Ini penting karena bisa jadi masalah Google Play Store Anda disebabkan oleh koneksi internet itu sendiri.

Jadi sebelum mengunduh atau mengupdate aplikasi, pastikan koneksi internet yang Anda miliki sebelum memutuskan untuk mendownloadnya.

Hapus Cache Google Play Store

Cara selanjutnya untuk memperbaiki Google Play Store adalah dengan membersihkan cache di Google Play Store Anda. Cara yang harus kamu ambil cukup mudah, kamu hanya perlu membuka menu pengaturan di smartphone kamu lalu cari opsi Apps & Notifications, cari Google Play Store, lalu klik opsi penyimpanan dan tulis clear cache atau clear cache. Klik opsi itu, lalu buka kembali Google Play Store Anda.

Dalam beberapa kasus, masalah dengan Google Play Store biasanya akan diselesaikan menggunakan metode ini.

Lakukan Factory Reset

Anda dapat menggunakan metode ini ketika semua cara lain yang telah Anda lakukan untuk memperbaiki Google Play Store tetapi gagal.

Perlu diingat juga bahwa cara ini akan menyebabkan smartphone kamu kembali ke pengaturan semula saat membelinya dan semua data yang ada bisa langsung hilang. Untuk itu disarankan untuk membackup data terlebih dahulu dan mempertimbangkan dengan cermat apakah benar akan menggunakan cara ini.

Jika sudah yakin akan menggunakan cara ini, cukup buka aplikasi atau menu pengaturan di smartphone kamu.

Cari dan temukan menu cadangan & setel ulang pada menu pengaturan. Setelah itu, klik reset data pabrik. Biasanya setelah itu smartphone kamu akan masuk ke mode restart dan membutuhkan waktu beberapa menit tergantung tipe smartphone kamu.

Dan jika sudah selesai dan dihidupkan kembali, smartphone kamu akan dalam kondisi baru kembali dan Google Play Store dapat berjalan tanpa masalah.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar