Komponen dan Kabel NYM

April 3, 2021

Kabel memiliki peran yang sangat penting dalam menyalurkan tenaga listrik. Kabel NYM tidak boleh ditanam di tanah. Meski memiliki dua lapis sekat, kabel NYM tidak boleh bengkok / tertekuk sembarangan. Ini untuk menghindari kerusakan pada isolasi kabel.

Komponen Kabel NYM

Setiap yang Jual Kabel H07RNF Titanex memiliki komponen kabel, termasuk kabel NYM yang merupakan kabel dengan lapisan isolasi. Secara umum kabel memiliki bagian-bagiannya yaitu sebagai berikut:

Konduktor

Konduktor NYM merupakan bagian dari komponen kabel yang mempunyai tegangan dan berfungsi menghantarkan energi listrik. Bahan yang digunakan adalah tembaga atau aluminium. Konduktor dalam kabel umumnya bukan merupakan konduktor padat tunggal, melainkan sekumpulan kawat yang dipelintir agar lebih fleksibel. Bentuk penampang bisa bulat tanpa rongga, cekungan bulat, atau bentuk sektoral.

Bahan isolasi

Ada berbagai macam jenis bahan isolasi yang umumnya dikelompokkan menjadi isolasi cairan, isolasi gas dan isolasi padat.

Masalah yang sering terjadi pada kabel adalah masalah pada material insulasi ini. Isolasi kabel tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik karena kegagalan isolasi. Kegagalan isolasi disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena panas yang terjadi pada kabel dan gigitan mouse atau pembengkokan kabel yang tidak tepat, sehingga isolasi kabel rusak.

Lapisan pembungkus inti

Penutup inti terbuat dari bahan semi konduktif. Komponen kabel ini berfungsi untuk:

  • Sebarkan distribusi medan listrik sehingga tidak ada tegangan yang naik.
  • Sebagai pengaman dari bahaya listrik.
  • Untuk menahan radiasi medan elektromagnetik.

Selubung

Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung inti kabel dari pengaruh luar, proteksi terhadap korosi, proteksi terhadap gaya mekanik dan gaya listrik, serta proteksi terhadap masuknya air atau kelembaban.

Penggunaan NYM dan Kabel

Kabel NYM merupakan kabel yang paling banyak digunakan untuk instalasi perumahan. Penggunaan kabel jenis ini dipasang langsung ke dinding, kayu, atau ditanam langsung di dinding. Juga di ruangan lembab atau basah, ruang kerja atau gudang dengan bahaya kebakaran atau ledakan. Itu juga dapat dipasang langsung pada bagian lain dari bangunan konstruksi, selama metode pemasangan tidak merusak selubung luar kabel tetapi tidak boleh dipasang di tanah.

Untuk pemasangannya gunakan klem dengan jarak yang cukup agar terpasang dengan rapi dan lurus. Luas penampang konduktif yang akan digunakan harus menentukan kapasitas konduksi arus yang diperlukan dan suhu sekitarnya yang akan diperhitungkan. Selain itu, rugi tegangan juga harus diperhatikan. Kehilangan tegangan antara kopling utama dan setiap titik beban pada peralatan stasioner beban penuh tidak boleh melebihi 5% dari tegangan pada peralatan penghubung utama.

Untuk instalasi perumahan, harus memiliki luas penampang minimal 1,5 mm2. Untuk jalur dua kawat, kabel netral harus memiliki luas penampang sama dengan luas penampang kabel fasa. Untuk saluran tiga fase dengan konduksi netral, konduktivitas arus harus sesuai dengan arus maksimum yang mungkin timbul pada kondisi beban normal tidak seimbang. Luas penampang harus setidaknya sama dengan luas penampang kawat fase. Dalam garis tiga fase, semua kabel fase harus memiliki penampang yang sama.

Pemasangan kabel NYM pada sistem instalasi kelistrikan perumahan tidak selalu lurus, namun pada posisi tertentu harus ditekuk / ditekuk agar dapat menjangkau perangkat pengguna listrik. Sayangnya pembengkokan yang benar pada kabel-kabel ini sering kali terlewatkan bahkan diabaikan, padahal dengan adanya pembengkokan pada kabel ini akan mempengaruhi kenaikan suhu kabel. Banyak kasus kebakaran terjadi akibat korsleting akibat suhu tinggi pada kabel. Karena temperatur yang meningkat maka secara otomatis akan menimbulkan tekanan pada kabel dan merusak isolasi kabel.

Demikian ulasan mengenai komponen-komponen pada kabel NYM dan cara memasangnya dengan benar. Semoga bermanfaat.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar